Jakarta (ANTARA) - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat mengadakan operasi menjaring ranjau berupa paku hingga bekas potongan besi tajam pada sejumlah titik, untuk memberikan kenyamanan kepada pengemudi kendaraan bermotor.

"Jalan Suprapto termasuk jalan yang rawan ranjau pakunya selain di Jalan Kartini Raya, dan Gunung Sahari Raya," kata Pengendali Lindungan Masyarakat Satpol PP Jakarta Pusat Jhon Runisman di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Marak ranjau paku, Satpol PP DKI gencarkan operasi pembersihan

Salah satu titik rawan ranjau paku di Jakarta Pusat, lanjut dia, adalah Jalan Letjen Suprapto Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dengan menggunakan alat khusus dari magnet, beberapa petugas menyusuri jalanan untuk menyerap paku dan potongan besi tajam.

Benda dari besi dan tajam itu kemudian dikumpulkan menjadi satu untuk selanjutnya dibawa ke Satpol PP sebagai bukti adanya ranjau paku.

Adapun hasil operasi tersebut, petugas mengumpulkan sekitar 100 gram yang terdiri dari paku, baut tajam, dan bekas potongan-potongan besi.

Baca juga: Satpol PP DKI awasi ruas jalan Jakarta agar terbebas dari ranjau paku

Jhon Runisman mengatakan operasi itu rutin dilakukan di sejumlah titik di Jakarta Pusat untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para pengguna kendaraan yang melintas.

Ia berharap operasi ranjau paku ini dapat dilakukan oleh dinas atau instansi lainnya bukan hanya dilakukan oleh Satpol PP.

Tak hanya itu, masyarakat diharapkan tetap berhati-hati dan mewaspadai adanya ranjau paku ketika melintas baik saat berjalan kaki atau mengendarai kendaraan bermotor.

"Mari bersama-sama untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat saat melintas," ujarnya.

Baca juga: Polisi tegaskan penebar ranjau paku di MT Haryono tak libatkan aparat

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022