Jakarta (ANTARA News) - Pecatur terbaik Indonesia, GM Susanto Megaranto (24), menempati peringkat delapan dalam kejuaraan catur Indonesia Open yang berakhir di Jakarta, Rabu.

Susanto bertahan di posisi sepuluh besar, dari posisi sembilan di babak sebelumnya, setelah bermain remis dengan pecatur asal China, GM Zhao Jun dan mengumpulkan total poin enam.

"Saya bahagia meskipun awalnya tidak menargetkan masuk sepuluh besar," kata Susanto yang dipastikan elo-ratingnya naik 14 poin setelah turnamen ini.

Dari sembilan babak dalam kejuaraan tersebut, Susanto yang ber-elo rating 2530 mencatat empat kali menang, empat kali remis, dan satu kali kalah. Susanto sempat melumpuhkan pecatur asal Rusia, Alexey Dreev, yang ber-elo rating tertinggi kedua yakni 2711 pada babak kelima.

Pertemuan Susanto dengan Zhao Jun di babak final bukan untuk pertama kalinya dan selalu berakhir remis. Menurut Susanto, pada final tadi Zhao Jun yang memegang putih bermain agak tertutup.

"Saya kan pegang hitam, jadi dia yang buka peluang. Sementara permainan dia ditahan-tahan, sehingga posisi terus imbang," kata Susanto yang tadi melakukan pembukaan pertahanan nimzo.

Permainan mereka berhenti di langkah 31. Zhao Jun sendiri yang ber-elo rating 2587 berada di peringkat 13 dengan poin enam.

Pecatur Indonesia lainnya, FM Awam Wahono, menempati posisi sepuluh besar juga dengan poin enam setelah menang atas pecatur asal Filipina, GM Mark Paragua.

"Pecatur Indonesia bermain luar biasa. Selain Susanto, Awam juga bermain bagus di turnamen ini," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem.

Pada turnamen tersebut, lima orang pecatur Indonesia meraih gelar International Master (IM), yakni Awam Wahono, Aris T.L.S, Amin Nasri, Anam Khairul, dan Sofyan Jafar.

Tidak hanya itu saja, dua pecatur wanita Indonesia yaitu WIM Chelsie Monica Sihite (15) dan WGM Irene Kharisma Sukandar (19) secara berturut-turut meraih penghargaan pecatur wanita terbaik kedua dan ketiga.

Chelsie merupakan pecatur muda yang menjadi salah satu andalan Percasi dan berpenampilan baik di turnamen ini. Namun, Chelsie gagal meraih norma untuk grand master.

"Saya bahagia bisa menjadi pecatur wanita terbaik kedua, namun sedih karena gagal mendapat norma grandmaster," kata siswa kelas dua SMAN 1 balikpapan itu.

Kejuaraan catur Indonesia Open diikuti 80 pecatur dengan memperebutkan total hadiah senilai 55.500 dolar A. Pecatur asal China, GM GM Li Chao B, tampil sebagai juara setelah menang solkov (total poin para lawan selama turnamen) atas pecatur India, GM Surya Shekhar Ganguly. Pada pertandiangan terakhir dia melumpuhkan pecatur asal Argentina, Sandro Mareco, dengan perolehan poin tujuh.

Surya yang sempat unggul di peringkat pertama pada babak delapan itu kini menempati peringkat kedua. Pecatur Filipina, GM Oliver Barbosa, berada di peringkat ketiga.

Pecatur Perancis, GM Vladislav Tkachiev meraih peringkat empat mengungguli pecatur China yang awalnya menjadi unggulan di turnamen ini, GM Wang Yue, yang harus puas di peringkat lima.
(T.SDP-06/I015) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011