Jakarta (ANTARA) - Ada banyak cara dalam menikmati kopi. Bila Anda ingin membuatnya dengan teknik cold brew, perlu waktu berjam-jam untuk bisa menikmati hasil akhirnya.

Teknik itu cocok dipraktikkan saat berpuasa Ramadhan, Anda bisa membuatnya kala sahur dan menyesapnya setelah berbuka puasa.

Juara Indonesia Barista Championship 2018 Muhammad Aga memberikan resep cold brew sederhana yang bisa dicoba sendiri di rumah.

"Pada dasarnya, membuat cold brew sama seperti kopi tubruk, tapi airnya temperatur ruangan," kata Aga kepada ANTARA beberapa waktu lalu.

Baca juga: Menu Ramadhan - Es kopi susu kayu manis

Hal pertama yang penting tentunya biji kopi. Aga menyarankan untuk menggiling sendiri biji kopi yang segar agar hasilnya lebih maksimal. Giling biji hingga menjadi bubuk yang agak kasar.

Rasio antara kopi dan air adalah satu berbanding 10, jadi satu gram kopi membutuhkan 10 gram air. Bila Anda ingin membuat cold brew dengan 1000 gram air, maka tambahkan 100 gram bubuk kopi.

Pakailah air dengan suhu ruangan untuk membuat cold brew. Masukkan air dan bubuk kopi dalam toples, tutup rapat dan diamkan selama 10 hingga 12 jam. Setelah itu, Anda bisa menyaringnya dengan kertas penyaring khusus atau kain penyaring air, kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin. Cold brew yang disimpan di kulkas bisa bertahan hingga dua pekan.

Selanjutnya, Anda bisa berkreasi sesuai selera dengan menambahkan es, air lemon, madu dan gula kemudian dikocok untuk membuatnya menjadi kopi mocktail.

Baca juga: Inspirasi panganan dengan selai kacang untuk rayakan tahun baru

Baca juga: Resep kopi jahe hingga es kopi lemon

Baca juga: Resep kopi susu gula aren Iced Kampoeng Latte

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022