Palangka Raya (ANTARA) -
Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) resmi membuka Program Studi Magister Pendidikan Dasar dan mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru.

"Kami sangat bersyukur, akhirnya Prodi Magister atau S2 Pendidikan Dasar kini dibuka di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)," kata Dekan FKIP UMPR Hendri MPd di Palangka Raya, Kamis.

Pihaknya berkomitmen menjadikan Prodi S2 Pendidikan Dasar terus berkontribusi signifikan terhadap dunia pendidikan di Indonesia umumnya dan Kalimantan khususnya.

"Prodi ini juga merupakan respons terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar kerja, khususnya di bidang keguruan dan ilmu pendidikan," katanya.

Baca juga: Empat universitas di Kalteng kerja sama peningkatan pendidikan

Ia menjelaskan, pembukaan Prodi Magister Pendidikan Dasar itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 189/E/O/2022 yang dikeluarkan dan ditetapkan pada 14 Maret 2022.

Salinan SK Kemendikbud Ristek itu langsung diserahkan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Dr Muhammad Akbar kepada Rektor UMPR Dr Sonedi di kantor LLDIKTI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Rabu (6/4).

Turut hadir antara lain Dekan FKIP Hendri MPd, Plt Kabiro BTIK Misyanto MPd, seluruh Kaprodi FKIP, Kabag Humas dan Protokol beserta sejumlah staf.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan Rektor dan semua pimpinan UMPR serta berbagai pihak mendukung pengusulan prodi baru di FKIP. Membuka prodi baru tidak mudah. Beberapa syarat harus dimiliki oleh universitas pengusul," katanya.

Baca juga: UMPR perkaya disiplin ilmu mahasiswa melalui Kampus Merdeka

Beberapa syarat itu di antaranya telah tersusunnya kurikulum yang mau digunakan, ketersediaan SDM dosen yang kualifikasinya sesuai, dan kecukupan sarana prasarana perkuliahan.

"Dari sisi SDM, kurikulum dan sarana prasarana belajar di FKIP sudah dipersiapkan secara matang. Semoga UMPR terus maju, jaya dan selalu menjadi kampus terbaik di Kalimantan Tengah," kata Hendri.

Prodi S2 Pendidikan Dasar di FKIP UMPR ini memiliki keunggulan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni di SD dan SMP melalui riset sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

Selain itu, juga mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan seni di bidang pendidikan dasar melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner.

Kemudian juga mampu mengelola riset/penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mempublikasikannya dan mendapat pengakuan baik nasional maupun internasional.

Baca juga: UMPR-PCIM Turki siap kolaborasi majukan SDM Kalteng

Rektor UMPR Dr Sonedi mengatakan, pimpinan dan seluruh warga UMPR sangat bersyukur atas kepercayaan pemerintah yang memberi amanah dan mandat dengan mengizinkan membuka Prodi S2 Pendidikan Dasar.

"Dengan diterbitkannya keputusan Mendikbud Ristek, maka tahun ini UMPR mulai menerima mahasiswa baru untuk Prodi S2 Pendidikan Dasar. Bagi yang ingin mendaftar di prodi itu dapat mengunjungi laman pmb.umpr.ac.id atau langsung ke Gedung BAKA, Kampus UMPR di Jalan RTA Milono, km 1,5 Kota Palangka Raya," katanya.

Kepala LLDIKTI Wilayah XI Dr Muhammad Akbar mengatakan, dengan adanya SK itu, Prodi S2 Pendidikan Dasar sudah dapat dijalankan mulai tahun 2022.
 
"Silakan rekan-rekan di UMPR untuk melakukan promosi semaksimal mungkin. Potensi S2 Pendidikan Dasar ini sangat besar khususnya di Kalimantan Tengah," kata Muhammad.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022