Medan (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah Sumatera Utara (Binda Sumut) menggenjot capaian vaksinasi COVID-19 saat Ramadhan dengan memfasilitasi layanan vaksinasi malam hari usai Shalat Tarawih di masjid di Medan.
 
"Vaksinasi yang digelar usai Shalat Tarawih ini dilakukan guna memudahkan masyarakat dalam menjangkau gerai-gerai vaksinasi COVID-19," kata Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana di Medan, Kamis.

Baca juga: Binda Sumut genjot vaksinasi COVID-19 dukung syarat mudik Lebaran 2022
 
Ia menambahkan, kegiatan vaksinasi malam hari ini dilakukan untuk menjangkau warga yang selama ini belum mendapatkan vaksin COVID-19.
 
Selain itu, kata dia, pemberian vaksin COVID-19 ini juga dalam rangka mendukung kebijakan vaksinasi dosis ketiga sebagai syarat untuk mudik Lebaran 2022.
 
"Binda Sumut memaksimalkan pelaksanaan vaksin agar masyarakat dapat aman dan nyaman selama mudik ataupun perjalanan silaturahmi di Hari Raya Idul Fitri nanti," katanya.

Baca juga: Binda Sumbar vaksinasi anak di sepuluh daerah
 
Pelaksanaan vaksinasi malam hari telah dilakukan di Masjid Al Husna Dian Al Mahri, Jalan Teratai, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan pada Rabu (6/4) malam.
 
Kabagdukops Binda Sumut Kolonel Arm Jonny Marpaung menambahkan, gerai vaksin ini dibuka sesudah buka puasa pada malam hari, tepatnya setelah Shalat Tarawih.
 
Ia mengatakan bahwa gerai vaksinasi tersebut juga dibuka di sejumlah masjid di Kota Medan dan nantinya akan dilakukan di kabupaten dan kota lainnya di Sumut.

Baca juga: Binda DIY bantu percepatan vaksinasi penguat bagi para lansia
 
"Binda Sumut juga membuka gerai vaksin di tempat ibadah lainnya. Selain itu, juga di lapas, dan tempat-tempat lain yang banyak aktivitas masyarakat. Harapannya semua warga dapat merayakan Idul Fitri tahun ini dengan penuh kegembiraan dan aman dari ancaman COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022