Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan pembinaan perusahaan rintisan (startup) digital yang konsisten dijalankan pemerintah penting untuk mengakselerasi transformasi digital nasional.

"Untuk mendukung perkembangan ekosistem digital nasional terutama dalam pengembangan talenta digital dan startup, Kementerian Kominfo konsisten menginisiasi program pembinaan startup yang berkesinambungan dan komprehensif dari hulu ke hilir," kata Semuel dalam pembukaan Alumni Talks HUB.ID secara hibrida di Jakarta, Kamis.

Baca juga: HUB.ID gelombang dua dibuka pertengahan 2022

Lebih lanjut, Semuel mengatakan pembinaan dari hulu mencakup penjaringan talenta digital dan membekali mereka dengan pembinaan (mentoring) hingga nantinya siap masuk ke dalam ekosistem digital Indonesia.

Sementara pembinaan dari hilir diinisiasi melalui program seperti HUB.ID untuk memfasilitasi perusahaan rintisan digital untuk melakukan perluasan jaringan relasi (networking) bisnis dengan berbagai pihak seperti pemangku kepentingan, regulator (kementerian/lembaga) terkait, hingga investor untuk membantu mengembangkan ekosistem digital.

"Pemerintah juga berperan untuk menjadi stimulus, mendorong sinergi, kolaborasi, kerja sama bisnis antar-kementerian, startup digital dan berbagai pemangku kepentingan, untuk mendorong tercapainya akselerasi transformasi digital dan kesinambungan ekosistem startup digital Indonesia," papar Semuel.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri. Perlu adanya kerja sama, kontribusi aktif seluruh komponen bangsa. Bersama kita bisa wujudkan Indonesia berdaya, inovatif, produktif, menuju Indonesia Maju dan semakin terkoneksi," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Business Matchmaking Kementerian Kominfo Luat Sihombing mengatakan HUB.ID diharapkan dapat semakin membantu pelaku startup lokal Indonesia meningkatkan akses pendanaan serta kerja sama bisnis.

Melalui Program HUB.ID, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo memfasilitasi Business Matchmaking dengan memanfaatkan jaringan luas BUMN, korporasi, dan sektor pemerintah.

"HUB.ID adalah wadah bagi startup digital Indonesia yang berusaha untuk bisa bertumbuh menjadi startup yang lebih baik dan besar dari skala bisnis, memperluas peluang kerja sama bisnis, akses pendanaan, memperluas jejaring market Indonesia," kata Luat.

Dalam HUB.ID bergabung sejumlah startup binaan yang mendapat dukungan dan kemitraan terkait. Salah satunya adalah Dagangan yang dihadirkan untuk menjangkau daerah-daerah dari bidang logistik. Dagangan saat ini fokus melayani masyarakat di sejumlah kota di Tier 3 dan Tier 4.

"Kami bahu-membahu membangun area desa untuk kolaborasi dengan pemerintah dan penduduk lokal (melalui layanan kami)," kata Founder dan CEO Dagangan Ryan Manafe.


Baca juga: Kominfo terus dorong pertumbuhan startup Indonesia

Baca juga: Kominfo fasilitasi HiPajak raih pendanaan asing lewat program HUB.ID

Baca juga: Kominfo fasilitasi sinergitas ekosistem digital

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022