Cilegon (ANTARA) - Polairud Polda Banten menyiapkan 18 kapal patroli untuk pengamanan angkutan laut saat arus mudik lebaran tahun 2022.

Direktur Polairud Polda Banten Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom di Merak, Kamis mengatakan bahwa untuk keselamatan angkutan laut saat arus mudik lebaran, Polda Banten telah menyiapkan sistem pengamanan.

"Untuk keamanan angkutan penyeberangan Polda Banten menyiapkan 18 unit kapal patroli dengan menugaskan minimal 30 personel yang dilengkapi dengan peralatan SAR dimana kapal tersebut akan disebar di Pelabuhan Merak dan Bojonegara serta daerah wisata pantai," kata Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom dalam rapat teknis angkutan lebaran di Pelabuhan Merak, Cilegon.

Dirpolairud Polda Banten juga meminta agar instansi terkait dapat memberikan data untuk mengantisipasi keadaan cuaca.

"Polda Banten meminta agar BMKG dan PPGA dapat memberikan data guna mengantisipasi terhadap kontijensi erupsi Anak Gunung Krakatau serta dapat mengetahui keadaan cuaca," kata Gultom.

Gultom mengatakan, Polda Banten akan melakukan Operasi Ketupat Maung 2022 untuk mengantisipasi kejahatan terhadap penumpang seperti copet, sandera, hipnotis, penyelundupan narkoba serta terorisme yang akan mengganggu kelancaran arus mudik.

"Dalam kegiatan tersebut akan menyediakan pos pelayanan vaksinasi Booster bagi pemudik," kata Dirpolair Polda Banten.

Sementara Wadir Lantas Polda Banten AKBP Alfaris Pattiwael menambahkan, Ditlantas Polda Banten telah menyiapkan rekayasa lalulintas untuk kelancaran lalu-lintas jika terjadi kepadatan lalu lintas di gerbang Pelabuhan Merak.

"Jika terjadi penumpukan kendaraan di pintu masuk Pelabuhan Merak maka Ditlantas Polda Banten akan melakukan rekayasa terbatas dengan melakukan pelambatan kendaraan yang masuk yaitu mengeluarkan kendaraan dari pintu tol serang timur dan mengarahkan ke jalur arteri," kata Alfaris Pattiwael.

Alfaris mengatakan, akan melakukan antisipasi kecelakaan lalu lintas, salah satunya menyiapkan kantong parkir bagi pengemudi, baik di rest area rol maupun di jalur arteri yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat.

"Kami juga menyiapkan tim penyelamat, armada derek, Ambulans dan tim TAA, untuk penanganan laka lantas," kata Alfaris Pattiwael

Baca juga: Kakorlantas: Pengamanan arus mudik Lebaran harus dilakukan serius
Baca juga: Polres Metro Bekasi siapkan 13 pospam mudik Lebaran

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022