Tegucigalpa (ANTARA) - Sebuah zona ekonomi khusus di sebuah pulau yang menjadi pusat turis di pantai Karibia di Honduras telah mengadopsi bitcoin dan mata uang kripto lain sebagai alat pembayaran yang sah, kata pejabat zona tersebut pada Kamis.

Disebut "Honduras Prospera," zona khusus itu didirikan pada 2020 untuk membantu mendorong investasi, dan memiliki otonomi administrasi, fiskal dan anggaran.

“Kerangka regulasi fleksibel Prospera memungkinkan inovasi kripto dan penggunaan bitcoin oleh penduduk, bisnis, dan pemerintah,” kata Honduras Prospera dalam sebuah pernyataan.

Zona ekonomi itu juga akan membiarkan kota, pemerintah daerah dan perusahaan internasional menerbitkan obligasi bitcoin dari yurisdiksi daerah tersebut.

Honduras Prospera mencakup bagian pulau Roatan yang indah serta kota La Ceiba di Pantai Atlantik Honduras.

Negara tetangga El Salvador juga mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada September, negara pertama di dunia yang melakukannya, meskipun peluncurannya kurang mulus dan menghadapi skeptisisme publik.

Di Honduras, Bank Sentral mengatakan tidak dapat menjamin transaksi mata uang kripto. "Setiap transaksi yang dilakukan dengan jenis aset virtual ini berada di bawah tanggung jawab dan risiko orang yang melakukannya," kata bank tersebut pada Kamis dalam pernyataan Maret yang dikirim sebagai tanggapan atas sejumlah pertanyaan.

Sumber: Reuters
Baca juga: Bank sentral Honduras dan Guatemala incar mata uang digital
Baca juga: Ratusan migran Honduras, Nikaragua berangkat menuju AS
Baca juga: Sengketa politik Honduras teratasi, buka jalan agenda anti korupsi

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022