Jakarta (ANTARA) - Pemain muda asal klub Bogor LavAni, Boy Arnes Arabi, untuk sementara menggantikan posisi open spiker Rivan Nurmulki selama skuad tim nasional (timnas) bola voli indoor putra melakukan persiapan SEA Games Hanoi, Vietnam.

Dalam keterangan tertulis Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI), Jumat, Rivan masih belum bisa mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Padepokan Voli Jenderal Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, karena masih bermain untuk Nagano Tridents di Liga Jepang.

“Boy untuk mengisi formasi latihan saja, supaya latihan tim tidak timpang, pelatih Jeff Jiang mengusulkan ke PBVSI agar posisi Rivan diisi dengan meminjam pemain LavAni. Kami setujui, tetapi itu tidak mengganti posisi Rivan di SEA Games,” kata Kepala Seksi Bola Voli Indoor PP PBVSI, Loudry Maspaitella, dalam pernyataannya.

Baca juga: Rivan Nurmulki gabung ke pelatnas voli putra akhir April

Dia juga mengatakan PBVSI telah mengirim surat kepada Nagano Trident agar segera memulangkan Rivan ke Indonesia, mengingat SEA Games Hanoi bakal berlangsung pada 12-23 Mei mendatang.

“Boy hanya untuk sementara, selama Rivan belum masuk pelatnas. Pelatih Jeff butuh ada pengganti Rivan untuk latihan game. Kami pinjam Boy dari Lavani. Posisi opposite di SEA Games nanti tetap Rivan dan Dimas. Boy (18) masih muda dan kurang jam terbang,” kata asisten pelatih timnas, Indra Wahyudi.

Menurut Indra, Rivan baru bisa bergabung di Sentul pada 20 April mendatang. Rivan adalah satu dari 14 pemain yang dipanggil PP PBVSI untuk masuk skuad Merah Putih menghadapi SEA Games Hanoi. Dalam surat nomor 152/PP.PBVSI/III/2022 perihal Pemanggilan Atlet dan Pelatih Bola Voli Indoor Putra, pelatnas mulai berjalan di Padepokan Jenderal Polisi Kunarto,, pada 1 April.

Baca juga: Timnas bola voli putra tanpa uji tanding jelang SEA Games Hanoi

Setelah menjalani pelatnas, tim bola voli putra Indonesia rencananya bertolak ke Vietnam pada 8 atau 9 Mei 2022. Sementara pembukaan SEA Games Hanoi dilakukan pada 12 Mei.

Rivan adalah pemain andalan Indonesia dalam berbagai multievent. Pada SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019, dia turut andil membawa Indonesia meraih medali emas setelah pada final mengalahkan tuan rumah dengan skor 3-0 (25-21, 27-25, 25-17).

Selain Rivan, skuad Indonesia untuk SEA Games Hanoi juga dihiasi wajah lama yang pada 2019 tampil di Filipina. Mereka adalah Dio Zulfikri, Doni Haryono, Fahreza Rakha Abhinaya, Dimas Saputra, Nizar Zulfikar, Rendy Febriant Tamamilang, Hernanda Zulfi, dan Yuda Mardiansyah Putra.

Selain itu ada juga nama lainnya seperti M. Malizi, Farhan Halim, Mauluddani Daffa Naufal, Irpan, dan Fahri S. Putratama.

Baca juga: PBVSI panggil 14 pevoli putra untuk masuk pelatnas SEA Games Hanoi
Baca juga: PBVSI tunjuk pelatih asal China untuk timnas bola voli putra

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022