Parik Malintang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat meminta warga di daerah itu untuk memperkuat nilai-nilai kebudayaan di tengah perkembangan teknologi yang cepat.

"Kami berharap kemajuan teknologi tidak melunturkan budaya dan nilai-nilai (positif, red.) yang ada di tengah-tengah masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldi dalam rilis di Parik Malintang, Jumat.

Permintaan tersebut juga disampaikan dia saat Safari Ramadhan dilaksanakan oleh Pemkab Padang Pariaman mulai 6-8 April 2022.

Ia mengatakan nilai budaya yang selama ini dimiliki etnis Minangkabau, khususnya di Padang Pariaman, hendaknya terus ditanamkan dalam diri generasi muda di daerah tersebut dengan memberikan edukasi kepada kalangan itu.

Ia berharap, lembaga adat di Padang Pariaman dapat melatih generasi muda di daerah itu yang tidak saja terkait dengan "pasambahan" namun juga hal lainnya agar kebudayaan Minangkabau tidak hilang akibat perkembangan teknologi.

Baca juga: Melalui Safari Ramadhan, masjid di Pidie Jaya-Aceh dibantu dana tunai

Menjaga kebudayaan di Padang Pariaman masuk ke dalam visi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yaitu Padang Pariaman Berbudaya. Namun diperlukan peran dari masyarakat dan lembaga terkait untuk mewujudkan hal tersebut.

Ia juga menyampaikan terkait dengan hidup bertoleransi di tengah-tengah masyarakat yang hal itu sudah dimiliki oleh nenek moyang etnis Minangkabau yang harus terus dijaga dan dipertahankan.

"Budaya itu berada di dada, 'lamak dek awak katuju dek urang' (Kita enak orang lain juga menyukainya)," katanya.

Sebelumnya, jajaran Pemkab Padang Pariaman mengunjungi masjid dan mushalla di 103 nagari di daerah itu pada Safari Ramadhan yang dilaksanakan pada 6, 7, dan 8 April 2022 guna menyambung silaturahim dengan warga dan menyosialisasikan kinerja pemerintah.

"Ini merupakan silaturahmi pemerintah dengan warga dan ulama, silaturahmi ini harus terus dijaga untuk lancarnya pembangunan daerah," kata Rudy Repenaldi.

Ia mengatakan banyak pembangunan yang dilakukan di nagari dan kecamatan di Padang Pariaman karena silaturahim yang baik antara pemerintah daerah dengan warga.

Baca juga: Safari Ramadhan digelar di enam lokasi di Ambon
Baca juga: Ratusan alumni santri Aceh dilibatkan dalam Safari Ramadhan ke desa
Baca juga: Safari Ramadhan Pemprov bantu Masjid An-Nur Sawahlunto Rp50 juta

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022