Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih menegaskan bahwa pemain-pemain bola basket 3x3 bukan pemain buangan tim bola basket 5x5.

Hal tersebut disampaikan Danny saat mengunjungi pemusatan latihan (pelatnas) tim nasional bola basket 3x3 untuk SEA Games 2021 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta.

Danny menegaskan bola basket 3x3 tidak boleh dipandang sebelah mata. Anggapan tentang pemain 3x3 adalah pemain buangan dari 5x5 harus dikesampingkan.

Pasalnya, PP Perbasi, lanjut dia, juga memberikan perhatian yang sama kepada tim bola basket 3x3, salah satunya dengan menyiapkan tim muda untuk kategori U-16 hingga U-18 sebagai penunjang.

“Dengan begitu, 3x3 tidak akan kehabisan stok pemain ke depannya, mengingat 3x3 berbeda sistem dengan 5x5," kata Danny dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Timnas 3x3 putra Indonesia menyumbang perak pada SEA Games 2019 Filipina ketika nomor tersebut pertama kali dipertandingkan dalam multievent dua tahunan itu.

Namun Indonesia ditargetkan bisa meraih emas pada SEA Games 2021 Vietnam yang digelar pada Mei mendatang.

“Tim yang pada SEA Games lalu mendapatkan perak, minimal nanti bisa mempertahankan, tapi kalau bisa naik satu step lebih baik,” ujar Danny.

Sementara itu, Surliyadin, salah satu pemain senior di timnas 3x3 yang juga berkontribusi atas perak di SEA Games 2019 mengaku senang dengan terobosan yang dilakukan Perbasi untuk bola basket 3x3.

Hal itu dibuktikan dalam pelatnas 3x3 untuk SEA Games 2021 yang juga menghadirkan para pemain muda.

"Perpaduan antara pemain muda dan senior ini menurut saya sangat bagus untuk perkembangan masa depan 3x3 Indonesia," ujar Surliyadin.

"Dengan persiapan sebulan ini mudah-mudahan bisa tercapai target kita dan bisa lebih baik dari capaian 2019," katanya lagi.


Baca juga: Timnas 3x3 untuk SEA Games mulai latihan, fokus bangun "chemistry"
Baca juga: Delapan pemain dipanggil untuk pelatnas basket 3x3 SEA Games 2021
Baca juga: Timnas basket 3x3 putra ingin uji coba ke Jepang jelang SEA Games 2022


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022