Jakarta (ANTARA) - Tim nasional boling menargetkan juara umum SEA Games Vietnam di tengah perubahan nomor yang dipertandingkan pada cabang olahraga ini.

Sekjen Persatuan Boling Indonesia (PBI) Hasrial Arimis menyebut perubahan tersebut memang secara matematis mempengaruhi jumlah medali yang dapat disumbangkan dari boling, namun target yang ditetapkan adalah menjadi juara umum dengan setidaknya tiga medali emas.

"Targetnya tetap kita juara umum, cukup optimistis dengan kondisi anak-anak sekarang ini," kata Hasrial kepada ANTARA di Arena Boling Hailay Ancol, Jakarta, Jumat.

Dua nomor yang menjadi jagoan timnas boling Indonesia adalah ganda campuran dan masters tidak dipertandingkan dalam SEA Games Vietnam.

Indonesia melalui Ryan Leonard Lalisang/Aldila Indryati meraih emas SEA Games Filipina 2019. Timnas boling juga menyumbangkan medali dari nomor masters putra melalui Billy Muhammad Islam dan Ryan Leonard Lalisang yang masing-masing memperoleh emas dan perak.

"Kita akan coba ambil di satu nomor single putra, team of four putra, kemudian double putri, team of four putri," kata Hasrial.

Baca juga: Latihan timnas U-23 fokus operan dan transisi

Pelatih kepala David Sitorus mengakui target SEA Games Vietnam jauh lebih berat karena peluang yang diperebutkan menjadi lebih sedikit dari sebelumnya sembilan menjadi enam medali emas, ditambah dengan aturan baru untuk nomor tunggal putra dan putri.

"Khusus single itu hanya boleh diikuti oleh dua pemain, baik putra maupun putri, di sini kita menghadapi sedikit masalah dalam menentukan siapa pemain single-nya," kata Hasrial.

Hasrial juga sudah meramu strategi untuk mencapai target tersebut dengan mempersiapkan atlet-atlet terbaik berdasarkan poin-poin yang dikumpulkan selama satu tahun pelatnas sebelumnya sehingga hanya atlet dengan poin teratas yang masuk tim.

Soal saingan terberat, Hasrial menyebut Singapura, Malaysia dan Filipina menjadi negara yang perlu diantisipasi bagi tim putri, sementara tim putra perlu mengantisipasi Thailand dan Singapura.

"Juara umum saya rasa kita akan usahakan. Peluang medali emas itu dua kemungkinan, ada di team of four dan dua double putri," kata Hasrial.

"Tapi kita harapkan berjalan seperti apa yang kita prediksi selama latihan-latihan ini, mudah-mudahan bisa kita tembus, tapi target utama kita sebenarnya ada di double putri," pungkas dia.

Baca juga: Ketum Perbasi tegaskan timnas basket 3x3 bukan buangan tim 5x5

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022