Ada yang spesifik, di mana PTQ tahun ini untuk kali pertama panitia menambah satu nomor lomba yaitu kategori Tartil Quran khusus bagi penyandang disabilitas sensorik netra putra,
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin dijadwalkan akan membuka Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke-52 Radio Republik Indonesia (RRI) tingkat nasional yang akan berlangsung di Takengon, Aceh Tengah, pada 13 April 2022.

"Bapak Ma’ruf Amin mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya PTQ RRI ini. Wapres berharap acara PTQ RRI ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga dapat memberikan kesemarakan pada bulan Ramadhan sebagai bulannya Al Quran atau bulan turunnya Al Quran," ujar Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Hendrasmo mengatakan pada pelaksanaan PTQ tahun ini, RRI menggandeng Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sebagai tuan rumah. Sejumlah persiapan baik teknis maupun nonteknis tengah dilakukan oleh kedua belah pihak. Selain itu, RRI juga bersinergi dengan Kementerian Agama RI sebagai dewan juri.

Menurutnya, panitia akan menyiapkan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan pelaksanaan PTQ, seperti pameran, tebar benih ribuan ikan, dan seminar yang melibatkan masyarakat setempat dan pemangku kebijakan terkait.

"Kegiatan pameran diselenggarakan untuk memperlihatkan hasil karya dan kearifan lokal masyarakat setempat dengan tujuan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan gairah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," kata dia.

Sementara itu, Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) RRI sekaligus Ketua Panitia PTQ, Yonas Markus Tuhuleruw, menyebut PTQ tahun ini mengusung tema 'Rahmat Semesta, Pulih Bersama, Bangkit Perkasa'.

"Terkait tema itu kami ingin menyatukan rasa dan pikiran kita untuk bersama-sama mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Al Quran dengan menyebarkan kebaikan pada sesama, berjuang bersama agar terbebas dari belenggu COVID-19," kata dia.

Yonas mengatakan kegiatan tahunan PTQ RRI yang diselenggarakan secara rutin sejak tahun 1968 itu, dari tahun ke tahun pesertanya terus bertambah. Pada tahun ini mencapai lebih dari 3.000 orang atau meningkat dibanding tahun sebelumnya sekitar 2.500 peserta.

Selain itu, pada pelaksanaan PTQ tahun ini selain melombakan kategori Tilawah, Tausyiah, dan Tahfiz Quran, juga ada kategori Tartil Quran khusus bagi penyandang disabilitas netra.

Hal ini sebagai bentuk inklusifitas RRI yang harus memberi layanan kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat yang rentan, termarjinalkan, hingga kelompok disabilitas.

“Ada yang spesifik, di mana PTQ tahun ini untuk kali pertama panitia menambah satu nomor lomba yaitu kategori Tartil Quran khusus bagi penyandang disabilitas sensorik netra putra. Ini wujud bahwa RRI itu melayani seluruh masyarakat," kata dia.

Pelaksanaan PTQ akan memperebutkan hadiah uang total Rp225 juta serta piala bergilir dan piala tetap Menteri Agama RI. Perlombaan untuk babak penyisihan berlangsung secara serentak di semua Satker RRI di seluruh Indonesia (mulai tanggal 1-5 April 2022) dan babak final berlangsung pada 13-17 April 2022, di Takengon, Aceh Tengah.


Baca juga: Syauqi Zainuddin MZ: Ajak masyarakat hidupkan Ramadhan
Baca juga: Kemenag terima bantuan 1 ton kurma dan 3 ribu Alquran dari Saudi

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022