Ini satu hal yang belum ada di tempat lain. Di sini lahannya tersedia, sumber pembiayaannya ada, sumber teknologinya juga ada
Kota Bogor (ANTARA) - IPB University bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) meresmikan Botani BRI Work sebagai tempat edukasi, riset, bisnis, pemberdayaan, wisata hingga pendanaan bagi petani dengan fasilitas lengkap dan memadai.
 
Rektor IPB University Profesor Arif Satria dalam keterangannya di Bogor, Jumat, mengatakan sejumlah fasilitas seperti penyediaan bibit tanaman hias dan pangan, serta pangan olahan menjadi kue hingga petani center juga tersedia untuk mengedukasi para petani.
 
“Terima kasih BRI yang telah bekerja sama dan memberi dukungan yang besar pada IPB University. Insya Allah gedung ini akan sangat bermanfaat. Yang kita bangun adalah satu ekosistem," kata Arif.

Baca juga: MSC-IPB rekomendasikan pengetahuan positif kelola ikan berkelanjutan
 
Ia menjelaskan fasilitas yang tersedia di Botani BRI Work yang berlokasi di Jalan Raya Dramaga Bogor ini antara lain Botani Mart dengan beragam jenis bibit tanaman, Botani Bakery yang menyediakan berbagai kue dan roti sehat, rendah gluten, serta pusat Tani Center disediakan secara khusus untuk menjadi pintu masuk para petani bisa ke IPB University.
 
Di tempat itu, petani bebas bertanya dan berdiskusi apapun soal pertanian kepada para pakar di IPB University.
 
“Tani Center hadir untuk memberikan layanan kepada petani. Petani bisa datang ke sini, kita siapkan ruangannya. Kita siapkan aplikasi digital yang sudah tersedia di sini. Kalau mereka ingin Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau advice terkait investasi, ada BRI di sini,” ujar Rektor.
 
Peran BRI itu, kata Arif, sangat penting untuk bisa mendampingi petani dan IPB University ketika akan melakukan kegiatan investasi.

Baca juga: Kolaboratif-adaptif didorong untuk perikanan tangkap berkelanjutan
 
“Ini satu hal yang belum ada di tempat lain. Di sini lahannya tersedia, sumber pembiayaannya ada, sumber teknologinya juga ada,” katanya.
 
Arif menyampaikan nilai tambahnya ialah sebagai fungsi wisata, nanti Botani BRI Work akan dibangun wisata edukasi pertanian bagi masyarakat.
 
“Wisata ini kita rancang agar masyarakat semakin cinta pertanian. Untuk mengedukasi pelajar. Di sini juga ada kolam ikan seluas satu hektar agar masyarakat juga bisa belajar tentang perikanan. Inilah ikhtiar kita agar IPB University punya banyak etalase agar bisa menginspirasi,” terang Rektor.

Baca juga: Menteri LHK-Rektor IPB bahas teknologi konservasi satwa liar
 
Direktur Utama BRI, Sunarso menuturkan Botani BRI Work memberi akses petani mendapatkan kemudahan literasi pertanian dan keuangan. Botani BRI Work harus menjadi simpul untuk menyampaikan ide membangun ekonomi kerakyatan.
 
Botani BRI Work akan menjadi tempat bagi komunitas mahasiswa, untuk ruang diskusi dengan petani. Nanti bisa digunakan semacam laboratorium, interaksi bisnis, pembelajaran, baik di sisi pertanian, manajemen, administrasi maupun transaksi perbankan usaha.
 
“Tempat ini kita maksudkan sebagai salah satu tempat untuk mengedukasi masyarakat terutama petani di sekitar Bogor," katanya.

Baca juga: IPB kembangkan busa pemadam kebakaran dari minyak sawit
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022