Saat ini fase maintenance setelah latihan selama lebih dari satu tahun
Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala tim nasional (timnas) balap sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo mengatakan persiapan atlet saat ini memasuki fase mempertahankan performa untuk SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei.

"Saat ini fase maintenance setelah latihan selama lebih dari satu tahun. Tidak ada waktu lagi untuk peningkatan dan tinggal mempertahankannya saja," kata Dadang kepada ANTARA, Sabtu.

Dadang optimistis dengan persiapan yang telah dilakukan, timnas balap sepeda Indonesia dapat merealisasikan target yang dicanangkan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yakni membawa pulang tiga medali emas.

"Target kami adalah meraih tiga emas dari masing-masing nomor yang diikuti (donwhill, road race, dan cross-country). Meskipun dari pemerintah target itu hanya emas," ujar Dadang.

Khusus untuk nomor road race, kata Dadang, punya modal penting karena pada Kejuaraan Asia atau Asian Road and Para Cycling Championship 2022 di Dushanbe, Tajikistan pada 25-29 Maret, pesepeda putri Ayustina Delia Priatna menunjukkan performa apik dengan membawa pulang medali perak.

Baca juga: Ayustina ukir sejarah dengan naik podium Kejuaraan Asia 2022

Ayustina finis di urutan kedua dengan catatan waktu 33 menit 59.275 detik. Dia berada di bawah pebalap asal Kazakhstan Rinata Sultanova yang menjadi juara dengan catatan waktu 33 menit 24.632 detik.

Hasil Ayustina di Kejuaraan Asia 2022 juga menjadi yang terbaik di antara peserta dari Asia Tenggara. Pesaing terdekat Ayustina adalah Thi Thu Mai Nguyen asal Vietnam yang finis di urutan ke enam dengan waktu 35 menit 55,420 detik, terpaut cukup jauh dari Ayustina.

Kemudian, ada pesepeda asal Thailand Phetdarin Somrat yang finis di urutan ke tujuh dengan membukukan waktu 36 menit 34,191 detik.

"Kami sudah mempunyai benchmark dan itu sudah ditunjukkan Ayu pada Kejuaraan Asia di Tajikistan. Persiapan sudah cukup dan kami terus berusaha agar peak performance atlet terjaga hingga SEA Games berlangsung," ujar Dadang.

Baca juga: Listyo Sigit apresiasi prestasi Ayustina di Kejuaraan Asia 2022

Pada SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019, Indonesia meraih tujuh medali dengan rincian satu emas, empat perak, dan dua perunggu pada cabang olahraga balap sepeda.

Emas satu-satunya diraih melalui Aiman Cahyadi yang turun pada nomor time trial putra. Adapun perak masing-masing berasal dari nomor time trial beregu putra, road race beregu putra, donwhill putri melalui Tiara Andini Prastika, dan Toni Syarifudin pada nomor BMX time trial putra.

Dua perunggu masing-masing melalui Andy Prayoga pada nomor donwhill putra dan Ayustina Delia Priatna nomor road race putri.

Baca juga: PB ISSI siapkan tujuh atlet BMX menuju Asian Games Hangzhou 2022
Baca juga: Okto terima penghargaan dari Federasi Balap Sepeda Asia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022