Jakarta (ANTARA) - MNC Sekuritas menyebutkan digitalisasi yang diterapkan perseroan, terutama sejak awal pandemi, telah meningkatkan efisiensi dalam proses pembukaan rekening investor.

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan, sejak pandemi, pembukaan rekening yang dilakukan sepenuhnya daring relatif lebih praktis dan hemat waktu karena tidak perlu proses pengiriman dokumen fisik ke kantor MNC Sekuritas.

Pihaknya telah menghemat lebih dari 238 ribu lembar kertas sepanjang 2020 dan 2021 berdasarkan data penggunaan dokumen fisik formulir Pembukaan Rekening.

"Sejak penerapan pembukaan rekening secara full online melalui aplikasi MotionTrade pada tahun 2020, MNC Sekuritas telah berhasil mencatatkan efisiensi penggunaan kertas untuk formulir pembukaan rekening sebesar rata-rata 72 persen per tahun dibandingkan tahun 2019 saat masih menggunakan dokumen fisik," ujar Susy lewat keterangan di Jakarta, Sabtu.

Saat ini, lanjut Susy, calon investor juga lebih mudah melakukan pengisian secara daring di MotionTrade karena proses Know Your Customer atau KYC lebih singkat bagi pemegang rekening bank reguler mana pun.

Berdasarkan data Februari 2022 (year to date), 85 persen investor sudah memanfaatkan fitur pembukaan rekening dengan sepenuhnya daring di MotionTrade.

Susy menambahkan, MNC Sekuritas juga berkomitmen untuk menjadi perusahaan sekuritas yang mendukung penerapan prinsip sadar lingkungan, sosial dan tata kelola, yang biasa disebut Environmental, Social and Governance (ESG).

MNC Sekuritas pun meluncurkan kampanye #HijaukanPorto yang dilatarbelakangi komitmen perusahaan untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan, misalnya dengan pembagian tumbler kepada karyawan.

Perseroan juga tidak lagi menyediakan air minum kemasan sekali buang dalam wadah plastik. Selain itu, kebutuhan operasional perusahaan seperti sabun cuci tangan, kopi, dan gula juga kini memanfaatkan layanan isi ulang dengan menggunakan wadah sendiri, sehingga mengurangi pembelian kemasan plastik sekali buang.

Selain berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan, MNC Sekuritas juga mendukung penciptaan investor pasar modal yang berkualitas melalui program literasi pasar modal yang berkelanjutan untuk menambah wawasan, serta mendukung pertumbuhan portofolio saham dan reksa dana investor.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022