Biak (ANTARA) - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 TNI AU, di apron Skuadron Udara 27 TNI AU, di Kabupaten Biak Numfor, Papua, Sabtu, diperingati secara sederhana dengan protokol kesehatan, di antaranya menjaga jarak dan menggunakan masker.

Kepala Staf Komando Operasi III TNI AU, Marsekal Pertama TNI Donald Kasenda, menjadi inspektur upacara di sana, dan membacakan amanat Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, yang mengatakan, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah mengganggu aspek sosial hingga ekonomi yang menyentuh hampir ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Baca juga: KSAU pimpin upacara HUT ke-76 TNI AU di Lapangan AAU Yogyakarta

"Kita patut bersyukur, di tengah berbagai ujian bangsa tersebut TNI AU mampu hadir mendukung pemerintah dalam penanggulangan bencana alam, program vaksinasi Covid-19, mobilisasi udara untuk bantuan sosial, hingga evakuasi WNI dari Ukraina," kata Kasenda membacakan amanat pucuk pimpinannya itu. 

Sambutan tertulis itu yang dibacakan Kasenda, yang juga berkecimpung dalam olahraga tinju, menyatakan, TNI AU juga turut mengharumkan nama bangsa pada perhelatan World Boxing Championship dan Singapore Air Show 2022.

Baca juga: Kasau sebut upacara HUT ke-76 di Yogyakarta kota kelahiran TNI AU

Prasetyo dalam amanatnya itu juga menyampaikan penekanan Presiden Joko Widodo pada Rapim TNI-Polri dalam sambutannya yaitu untuk kembali pulih, bangsa Indonesia membutuhkan kedisiplinan nasional, dengan berkiblat kepada institusi TNI-Polri.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada TNI AU untuk dapat turut berperan dalam mendukung program pemerintah dan memulihkan perekonomian nasional, seraya menjaga keamanan wilayah udara Tanah Air yang kita cintai ini,” kata dia.

Baca juga: Lemhannas dorong TNI AU kembangkan siber hadapi perang generasi kelima

Ia menyatakan dalam amanat tertulis itu, bangsa ini membutuhkan kehadiran keluarga besar TNI AU untuk saling bergotong-royong dengan dilandasi jiwa kedisiplinan yang inspiratif. “Semoga, momentum hari jadi tahun ini dapat menjadi titik lepas landas kita ke masa depan yang semakin baik,“ katanya.

Turut hadir di antaranya Komandan Pangkalan Udara TNI AU Manuhua, Marsekal Pertama TNI Ronald L Siregar, beberapa pejabat dari satuan TNI AU yang berada di Biak, para Forkopimda setempat serta dari Persatuan Purnawirawan TNI AU.

Baca juga: Kasau sebut perang generasi kelima bertumpu pada kekuatan non-kinetik

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022