Jakarta (ANTARA) - WhatsApp dikabarkan menghentikan fitur menyimpan secara otomatis untuk media yang dikirim dalam bentuk "Dissapearing Messages" di iPhone.

"Dissapearing Messages" adalah pesan yang bisa dikirim pengguna namun dapat hilang dalam waktu yang sudah ditentukan setelah dibuka oleh penerima pesan.

Melansir Mac Rumors, Sabtu, normalnya fitur itu akan menyimpan otomatis pesan gambar atau pun video yang sudah dibuka ke galeri iPhone.

Baca juga: WhatsApp siapkan fitur baru tab "Community"

Namun dengan pembaruan terbaru dari WhatsApp nantinya gambar atau video yang dikirim dengan "Dissapearing Messages" bisa diatur agar tidak lagi disimpan secara otomatis.

Opsi "Simpan ke Rol Kamera" sekarang dimatikan secara otomatis untuk menghilangkan obrolan, artinya gambar, video, dan GIF tidak akan disimpan meskipun pengaturan penyimpanan otomatis umum diaktifkan.

Hal itu dilakukan karena dikhawatirkan dengan fitur sebelumnya menghilangkan esensi dari "Dissapearing Messages" yang berfokus pada privasi.

Jika memang ingin menyimpan foto atau video, maka pengguna bisa menyimpannya secara manual atau melakukan tangkapan layar.

Dikabarkan nantinya fitur ini akan keluar untuk semua pengguna sistem layanan iOS.

Baca juga: WhatsApp akan hadirkan fitur polling untuk chat grup

Baca juga: WhatsApp API Qontak tawarkan solusi berbisnis di era digital

Baca juga: WhatsApp rilis "browser extension" untuk versi Web lebih aman

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022