Keberhasilan Jakarta Pusat sebagai pilot project akan kami duplikasi ke seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Induk Koperasi Wanita Indonesia (Inkowapi) menyatakan siap memperluas program pemberdayaan warung tradisional, yang dilaksanakan bekerja sama dengan Sahabat Usaha Rakyat (Sahara) ke seluruh Indonesia.

Ketua Umum Inkowapi Sharmila di Jakarta, Sabtu mengatakan saat ini Inkowapi melalui Pusat Koperasi Wanita (Puskowapi) DKI Jakarta bersama Sahara mengembangkan program pemberdayaan warung tradisional di wilayah Jakarta.

"Saya sendiri bersama Inkowapi akan mengembangkan program ini ke propinsi-propinsi lain di Indonesia. Keberhasilan Jakarta Pusat sebagai pilot project akan kami duplikasi ke seluruh Indonesia. Dari Jakarta Pusat untuk Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Melalui program tersebut, lanjutnya, Puskowapi memberikan pelatihan, bantuan permodalan, dan juga me-make over warung tradisional supaya lebih menarik sehingga meningkatkan penjualannya.

Sementara itu, selama Ramadhan, Puskowapi DKI Jakarta dengan dukungan Inkowapi bekerja sama dengan Sahara juga menggelar bazar sembako murah di 44 kelurahan di Jakarta Pusat pada 4-30 April 2022.

Menurut Ketua Puskowapi DKI Jakarta Farah Savira, program pemberdayaan warung yang mereka kembangkan selama beberapa bulan terakhir ini benar-benar memberikan dampak sosial dan ekonomi serta memberi keuntungan kepada berbagai pihak.

Warung-warung binaan Sahara dan Puskowapi DKI Jakarta tersebut menjual bahan kebutuhan pokok dengan lebih mudah dan murah dibandingkan dengan harga di pasaran umum.

"Mungkin banyak pihak yang berpikir, kok bisa ya kami memberikan harga sembako lebih murah dari yang lain? Nah, yang kami lakukan adalah memotong jalur distribusi sehingga harga menjadi jauh lebih murah," ujar Farah saat pembukaan bazar Ramadhan di RPTRA Kampung Budaya, Utan Panjang, Jakarta Pusat.

Sementara itu Ketua umum Inkowapi yang juga founder Sahara, Sharmila mengatakan ke depannya program bazar sembako murah dan pemberdayaan warung Sahara di wilayah Jakarta akan ditangani langsung Puskowapi DKI Jakarta.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi menyatakan mendukung program Sahara, Inkopwapi, dan Puskowapi DKI Jakarta dalam pengembangan warung tradisional di Jakarta Pusat, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga omzet penjualan.

Dikatakannya, target Sahara dan Puskowapi DKI di Jakarta Pusat membina 5.000 warung, dan sampai sekarang sudah terealisasi 4.500 warung. Mereka memberikan pelatihan, bantuan permodalan, dan juga me-make over warung supaya lebih menarik.

"Saatnya kita sekarang memberdayakan warung tetangga, 'Ayo Belanja ke Warung Tetangga'," ujarnya.

Baca juga: Inkowapi gelar pasar murah pangan di 44 kelurahan DKI Jakarta
Baca juga: Program Go Warung perkuat 2 juta warung tradisional berbasis digital
Baca juga: Inkowapi: Ubah pola bisnis ke digital keharusan

Pewarta: Subagyo
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022