Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi berhasil meraih gelar juara ganda turnamen WTA Copa Colsanitas di Bogota, Colombia, Sabtu waktu setempat atau Minggu waktu Indonesia.

Duet Aldila bersama petenis Australia Astra Sharma mengalahkan pasangan Emina Bektas dari Amerika Serikat dan Tara Moore dari Inggris pada babak final.

Aldila/Sharma berhasil melalui laga ketat super tie break berdurasi satu jam 38 menit dengan skor akhir 4-6 6-4(11-9).

"Ini adalah gelar WTA perdana bagi Dila setelah tampil sebagai runner up WTA 125 dua kali tahun lalu di Charleston dan Midland," ujar Ketua Umum Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti), Rildo Anwar, dalam keterangan tertulis.

Tahun silam, Aldila gagal dengan pasangan berbeda dalam dua final ganda WTA 125 di Charleston dan Midland, Amerika Serikat.

Berkat menjuarai WTA level 250 itu peringkat ganda Aldila untuk pertama kalinya menembus Top WTA. Awal pekan ini bakal bertengger di posisi 86.

"Hasil ini juga akan mengangkat peringkat gandanya naik ke nomor 86 WTA. Kita bangga," kata Rildo.

Aldila mengaku lega akhirnya dapat menjuarai turnamen yang diselenggarakan oleh asosiasi tenis putri tingkat dunia itu.

Dalam unggahan Instagram, Aldila juga berterima kasih kepada partnernya.

"Terima kasih @astrasharma telah bermain bersama saya di Bogota. Itu sangat menyenangkan," tulis Aldila sambil mengimbuhkan emoji api membara dan mengunggah ulang foto postingan WTA.
 


Sebagai juara ganda turnamen WTA level 250, duet Dila dan Sharma menerima total hadiah uang 12.000 dolar AS atau sekitar Rp175 juta.

Piala di ibukota Colombia tersebut menjadi modal baik bagi Aldila yang akan membela tim Indonesia di ajang Grup l Asia Oseania Piala Billie Jean King di Turki, pekan depan.

Baca juga: Bakal ikuti turnamen di Meksiko, Aldila bawa bekal mie instan
Baca juga: Aldila Sutjiadi sabet gelar juara Mandiri Tennis Open 2022
Baca juga: Aldila Sutjiadi beberkan pengalamannya bermain di Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022