Jakarta (ANTARA News) - Juara dunia tujuh kali Valentino Rossi memberi penghormatan kepada teman dekatnya Marco Simoncelli, yang tewas di Grand Prix Malaysia Minggu, menggambarkan rekan Italianya itu sebagai "adik".

Simoncelli, 24 th, kehilangan nyawanya dalam kecelakaan yang melibatkan Colin Edwards dan Rossi hanya beberapa menit setelah dimulainya balapan di lintasan Sepang.

Rossi, 32, yang dikenal dekat dengan Simoncelli dan menjadi ikon Italia, menulis pesan di Twitter untuk mengungkapkan kesedihannya atas kematian rekannya itu yang ia panggil dengan panggilan akrab, Sic.

"Bagi saya Sic seperti saudara muda, tangguh di lintasan juga lembut dalam kehidupan," kata Rossi. "Aku masih belum percaya, aku sangat merindukannya."

Rossi dilaporkan menangis setelah balapan ketika ia mendengar berita kematian Simoncelli.

Sementara itu, semua event olahraga yang digelar di Italia pada Minggu mengheningkan cipta sejenak sebagai penghormatan kepada Simoncelli.

"Hari ini adalah satu dari hari paling menyedihkan kepresidenan (kepemimpinan) saya. Kematian tragis Marco Simoncelli telah meninggalkan kesedihan mendalam bagi saya," kata Presiden Italian Olympic Committee (Coni) Gianni Petrucci.

Sebuah kematian yang tak terbayangkan sebelumnya dan membuat insan olahraga Italia tercengang, katanya.

Raksasa sepak bola Italia, Inter Milan dan AC Milan juga menyampaikan belasungkawa atas tewasnya Simoncelli.

"Mengenang juara muda dan bersemangat, Inter menyampaikan pelukan untuk keluarga dan teman-teman Marco Simoncelli," kata Inter dalam sebuah pernyataan di situs webnya.

Fans Inter membentangkan sebuah spanduk menjelang pertandingannya melawan Chievo yang bertuliskan,"Ada bintang baru (di langit)."

Tim MotoGP Ducati menggambarkan Simoncelli sebagai satu bagian dari mereka.

"Ducati, tim dan pebalap bersatu dalam kesedihan yang sekarang menghantam seluruh MotoGP dan kita berkumpul di sekitar keluarga Marco Simoncelli, teman-teman, dan tim," kata mereka.

Ada juga kata-kata dari prinsipal tim F1 Ferrari, Stefano Domenicali. "Dalam kesempatan ini sangat sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata kesedihan untuk meninggalnya seorang pemuda yang bersinar seperti Marco," katanya.

Pesepakbola Juventus Giorgio Chiellini menulis di halaman Twitter-nya,"Saya tak bisa berkata-kata, selamat tinggal Sic agung, kami akan merindukanmu."

"Saya tak bisa berkata-kata, ini kesedihan yang tak terhingga," kata bintang NBA Toronto Raptors, Andrea Bargnani, lagi dalam pesan di Twitter dikutip Reuters.

Banyak lagi pesan-pesan belasungkawa yang disampaikan para insan olah raga di dunia untuk Marco Simoncelli.

(S026)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011