Peraih medali emas Olimpiade berusia 18 tahun itu terekam kamera sedang menyantap pangsit daun bawang goreng sembari menunggu hasil skor keluar di pertandingan nomor slopestyle....
Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Jumat (8/4) menyebut event Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022 sangat memuaskan dan mendapatkan tanggapan yang positif dari seluruh dunia.

Dalam pertemuan yang digelar untuk memberi penghormatan kepada orang-orang yang telah berkontribusi luar biasa pada Olimpiade, Xi mengatakan bahwa tidak mengherankan, selain penggemar olahraga, para pencinta kuliner juga sangat puas selama acara tersebut, termasuk bintang ski gaya bebas, Gu Ailing.

Peraih medali emas Olimpiade berusia 18 tahun itu terekam kamera sedang menyantap pangsit daun bawang goreng sembari menunggu hasil skornya keluar di pertandingan nomor slopestyle. Aksinya ini dinilai mampu mengenalkan budaya dan kuliner China kepada para penggemarnya.

Bergabung dengan rekan-rekan atletnya dalam kontingen olahraga China, Gu juga menghadiri pertemuan pada Jumat tersebut.

Saat menyampaikan pidato di acara itu, Xi, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) sekaligus Ketua Komisi Militer Sentral China, menyebut banyak elemen budaya China yang dipamerkan dalam Olimpiade, di antaranya adalah Bing Dwen Dwen yang lincah, Shuey Rhon Rhon yang optimistis, dan berbagai makanan khas China, termasuk bakpao isi kacang merah yang menggugah selera.

"Gu Ailing sangat menyukai xianbing (pangsit goreng). Banyak juga warga asing yang tidak tahan dengan kelezatan jiaozi (pangsit)," kata Xi.

Komentar Xi yang jenaka disambut dengan tepuk tangan dan tawa di Balai Agung Rakyat.

Setelah pertemuan tersebut, Gu berkata, "Saya sangat senang. Sekretaris jenderal juga menyebutkan pangsit goreng. Sungguh kehormatan besar bagi saya untuk membuat begitu banyak orang mengetahui tentang budaya China."

Otoritas China pada Jumat memberikan penghormatan kepada 148 unit dan 148 individu, termasuk satu yang diberikan secara anumerta, atas kontribusi luar biasa mereka pada Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Kontingen olahraga China mencapai hasil terbaik dalam sejarah keikutsertaannya di Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Musim Dingin.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022