Kita mengunjungi lokasi-lokasi untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan kita akan memenuhi kebutuhan BBM di Provinsi Bengkulu selama Ramadhan agar tidak ada masyarakat yang kesulitan ketika menggunakan BBM
Kota Bengkulu (ANTARA) - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebutkan pihaknya telah menambah alokasi Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis solar ke Provinsi Bengkulu sebanyak 16 persen.
 
Sebanyak 16 persen tersebut, kata dia, saat sidak di Kota Bengkulu, Minggu, naik dari alokasi BBM subsidi jenis solar di Provinsi Bengkulu pada 2021.
 
Oleh karena itu pihaknya akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait kemungkinan penambahan kembali kuota BBM jenis solar subsidi di Provinsi Bengkulu.
 
"Kita mengunjungi lokasi-lokasi untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan kita akan memenuhi kebutuhan BBM di Provinsi Bengkulu selama Ramadhan agar tidak ada masyarakat yang kesulitan ketika menggunakan BBM," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif.
 
Ia mengatakan kelangkaan BBM jenis solar subsidi di Provinsi Bengkulu secara tiba-tiba yang menimbulkan antrean panjang di sejumlah SPBU karena tingginya permintaan.

Baca juga: Menteri ESDM temukan truk industri pertambangan gunakan BBM Subsidi
 
Tingginya permintaan tersebut disebabkan karena kegiatan ekonomi di Provinsi Bengkulu mulai meningkat, seperti komoditas sumber alam dan hasil perkebunan di pasaran meningkat.
 
"Hal tersebut mendorong produksi yang lebih banyak dan membutuhkan logistik transportasi yang mengkonsumsi BBM," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Menteri ESDM mengatakan dengan pertumbuhan ekonomi tersebut maka pihaknya akan menambah kuota BBM subsidi jenis solar ke Provinsi Bengkulu sekitar 14 persen guna memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.
 
Oleh karena itu ia meminta kepada masyarakat agar dapat menyampaikan informasi kepada pihaknya jika ada pengendara mobil mewah ataupun truk pengangkut hasil industri pertambangan dan perkebunan yang mengantri BBM jenis solar subsidi.
 
Lebih lanjut Menteri Arifin mengatakan pemerintah memberikan alokasi BBM tersebut untuk masyarakat yang berhak mendapatkannya sebab setiap kenaikan satu dolar minyak mentah, dampak subsidi dan kompensasi yang dikeluarkan oleh pemerintah mencapai Rp5,7 triliun.

Baca juga: Pemerintah akan tindak tegas pelaku penyelewengan solar subsidi
Baca juga: Menteri ESDM sebut disparitas harga picu solar subsidi langka

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022