Perjuangan tim sudah maksimal, apalagi dengan persiapan yang sangat minim
Jakarta (ANTARA) - Asisten pelatih tim nasional futsal Indonesia Sayan Karmadi menyebut skuad Thailand berhasil memanfaatkan penurunan konsentrasi pemainnya menjelang laga final Piala Futsal AFF 2022 berakhir sehingga mampu mengejar ketinggalan dua gol dan akhirnya keluar sebagai pemenang.

Menurut Sayan, ketika dihubungi Antara dari Jakarta usai pertandingan, Minggu (10/4), berkurangnya konsentrasi tersebut terjadi karena anak-anak asuhnya berada dalam tekanan Thailand.

"Ketenangan Thailand dalam mengatasi ketertinggalan dan terus menekan membuat tenaga dan konsentrasi pemain terkuras. Itu yang bisa dimanfaatkan lawan," ujar dia.

Dalam laga tersebut, Indonesia sejatinya unggul dua gol terlebih dahulu melalui gol Evan Souimalena dan Ardiansyah Runtuboy.

Namun, Thailand yang tampil dengan strategi "power play" pada menit-menit akhir pertandingan membuat Indonesia terus berada di wilayah pertahanan sendiri.

Thailand pun berhasil membuat dua gol hanya dalam waktu satu menit tepatnya pada menit ke-40 atau di penghujung laga berkat sepakan Krit Aransanyalak serta Muhammad Osamanmusa.

Skor imbang 2-2 pada waktu normal dan babak tambahan membuat pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti. Pada fase ini, lima penendang Thailand melaksanakan tugas dengan baik, sementara Indonesia hanya mampu memasukkan tiga bola dari empat kesempatan.

Baca juga: Kalah adu penalti, Futsal Indonesia runner-up Piala AFF 2022

Meski demikian, Sayan Karmadi menegaskan bahwa performa timnya sudah maksimal pada partai final tersebut.

Pendapat serupa juga diutarakan manajer timnas futsal Indonesia Dimas Bagus Kurniawan.

Dimas menyebut bahwa hasil tersebut sudah maksimal mengingat sedikitnya persiapan skuad "Garuda" sebelum mengikuti turnamen.

"Perjuangan tim sudah maksimal, apalagi dengan persiapan yang sangat minim. Namun, hasil ini tetap saja menyedihkan, tetapi apa boleh dikata. Inilah futsal," kata dia.

Bagi Indonesia, peringkat kedua (runner-up) Piala Futsal AFF 2022 merupakan pencapaian keempat setelah sebelumnya prestasi serupa diraih pada tahun 2006, 2008 dan 2019. Pada semua pertandingan final itu, Indonesia selalu bersua dengan Thailand.

Sementara untuk Thailand, gelar juara Piala Futsal AFF 2022 menjadi yang ke-16 sejak turnamen itu dilaksanakan pada tahun 2001.

Baca juga: Futsal Indonesia ke final Piala AFF sekaligus lolos ke Piala Asia 2022
Baca juga: Pelatih akui kondisi fisik pengaruhi Indonesia saat hadapi Thailand

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022