Kami yakin tidak akan cocok untuk mengundang BTS kali ini
Jakarta (ANTARA) - Superstar K-pop BTS tidak akan diundang untuk tampil di upacara pelantikan Presiden terpilih Korea Selatan Yoon Suk-yeol, menurut keterangan ketua panitia pelantikan pada Senin.

Berita tersebut datang sebagai respon atas reaksi para penggemar yang mengkritik dan meminta agar BTS tak dipolitisasi. Sebelumnya, panitia persiapan pelantikan telah mempertimbangkan untuk mengundang BTS agar tampil pada upacara pelantikan di halaman Majelis Nasional pada 10 Mei.

"Kami yakin tidak akan cocok untuk mengundang BTS kali ini," kata ketua panitia acara pelantikan Park Joo-sun dalam jumpa pers di Korea Selatan, dikutip dari Yonhap, Senin.

Baca juga: Menang di Kid's Choice Awards, BTS sukses pecahkan rekor dunia

Ia menambahkan bahwa presiden terpilih ingin mengadakan upacara sederhana yang mempromosikan persatuan nasional bersama dengan anak-anak, populasi rentan, dan bintang yang kurang dikenal.

"Apalagi dengan anggaran yang terbatas untuk acara peresmian, mungkin sulit untuk mengundang bintang idola global, seperti BTS, jadi kami memutuskan untuk tidak mengundang mereka kali ini," katanya.

Park berharap akan ada kesempatan untuk mengundang BTS ke acara mendatang yang lebih sesuai dengan status dan ketenaran grup tersebut.

Baca juga: BTS boyong tujuh nominasi Billboard Music Awards 2022

Dia juga menolak anggapan upacara pelantikan sebagai "acara politik", dengan mengatakan bahwa upacara tersebut merupakan acara kenegaraan yang diatur oleh undang-undang.

Ketika ditanya apakah mantan Presiden Park Geun-hye akan diundang ke upacara pelantikan, ketua komite mengatakan keputusan itu akan tergantung pada hasil pertemuan antara Yoon dengan Park yang direncanakan diadakan pada Selasa (12/4).

Ketua komite mengatakan berbagai pejabat asing telah mengindikasikan keinginan mereka untuk menghadiri upacara dan persiapan sedang dilakukan untuk mengundang mereka.

Baca juga: BTS gagal lagi raih Grammy

Baca juga: Kolaborasi Free Fire x BTS hadir secara gratis.

Baca juga: Bruno Mars unggah foto bareng BTS di Silk Sonic, Las Vegas

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022