Simpang Empat,- (ANTARA) - Bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, kembali datang dari Pemerintah Provinsi Jambi yang diterima langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah.

"Bantuan itu datang pada Ahad (10/4) kemarin, langsung dibawa Gubernur Jambi Al Haris untuk Pasaman Barat dan Pasaman," kata Bupati Pasaman Barat Hamsuardi di Simpang Empat, Senin.

Ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian Gubernur Jambi kepada Pasaman Barat.

"Saya mengucapkan terimakasih banyak pada Gubernur Jambi atas bantuan yang diberikan dan perhatian pada masyarakat kita yang terdampak bencana. Bantuan ini segera didistribusikan dan dimanfaatkan untuk membangun hunian sementara," katanya.

Baca juga: Bawaslu RI serahkan bantuan kepada korban gempa di Pasaman Barat

Baca juga: AHY serahkan bantuan hunian sementara untuk korban gempa Pasaman


Ia mengatakan bantuan yang diterima senilai Rp125.000.000 dibagi dua dengan Kabupaten Pasaman. "Jadi Kabupaten Pasaman Barat menerima Rp62.500.000 dan Kabupaten Pasaman sebesar Rp62.000.000," ujarnya.

Ia menyatakan akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang terdampak gempa.

"Satu hal yang harus kita pahami bersama, bahwa dalam menangani bencana gempa ini harus berhati-hati. Harus mengikuti aturan dan undang-undang yang berlaku," ucapnya.

Ia ingin masyarakat cepat mendapatkan haknya, namun jangan sampai pejabat atau yang mengurus keuangan kebencanaan ini dapat bencana juga karena kesalahan administrasi.

"Jangan sampai pejabat Pasaman Barat masuk penjara karena kesalahan dalam penggunaan uang bencana ini, dan kesalahan administrasi. Kita terus berkoordinasi dengan Inspektorat, BPK, sebelum merealisasikannya," katanya.*

Baca juga: PMI bantu pembangunan 400 unit huntara bagi korban gempa Sumbar

Baca juga: Kiprah jibaku komunitas "offroad" pelansir bantuan gempa

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022