Kompetensi tersebut dapat dicapai melalui berbagai pelatihan dan sertifikasi...Dengan adanya pembekalan kompetensi tersebut akan membantu industri pariwisata di Indonesia terus berkembang
Depok (ANTARA) - Ketua Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI)  Anisatul Auliya mengatakan generasi muda yang memiliki kompetensi di bidang pariwisata saat ini sangat dibutuhkan.

"Pemerintah mulai mengimbau tenaga kerja di Indonesia agar memiliki sertifikasi kompetensi yang diterbitkan oleh lembaga yang memiliki otoritas agar dapat bersaing dalam pasar global, khususnya di ASEAN, serta memenuhi tuntutan industri pariwisata," ujar Anisatul Auliya dalam keterangannya, di Depok, Senin.

Ia mengatakan salah satu yang berperan penting adalah generasi muda yang kreatif dan inovatif agar dapat mendorong perkembangan pariwisata Indonesia.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sendiri terus mendorong program peningkatan kualitas SDM bidang pariwisata.

Anggota Tim Pengmas Vokasi UI Febrian mengatakan kompetensi sangat dibutuhkan di industri pariwisata, mengingat peranan kompetensi SDM sangat menentukan kemajuan organisasi dalam menghadapi perubahan yang terjadi.

Baca juga: Menparekraf harap SDM pariwisata jadi tuan rumah di negeri sendiri

"Kompetensi tersebut dapat dicapai melalui berbagai pelatihan dan sertifikasi. Hal ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan SDM yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang ada. Dengan adanya pembekalan kompetensi tersebut akan membantu industri pariwisata di Indonesia terus berkembang," kata Febrian.

Anggota Tim Pengmas lainnya Army Tunggu Hariwanto mengatakan keragaman budaya yang ada di Indonesia dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berwisata, baik turis lokal maupun mancanegara.

"Ilmu pariwisata memiliki keterkaitan multi-disiplin dengan ilmu lainnya, seperti manajemen, bisnis, ekonomi, budaya, dan lain-lain. Melalui berbagai multi-disiplin ilmu tersebut dan kebudayaan yang ada di Indonesia, dapat dikolaborasikan dan dimanfaatkan sebagai sebuah upaya peningkatan ekonomi negara oleh pegiat pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Army.
 
Baca juga: SDM pariwisata diminta lebih unggul seiring kebangkitan ekonomi baru
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022