Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics merebut posisi kedua Wilayah Timur klasemen akhir musim reguler NBA yang rampung memainkan rangkaian laga pemungkas sepanjang Senin pagi hingga siang WIB.

Celtics yang menutup penampilan musim reguler mereka dengan bertandang ke FedExForum, Tennessee, sukses mengalahkan tuan rumah Memphis Grizzlies 139-110.

Kemenangan Celtics itu mengikuti hasil gim lain yang dilangsungkan lebih dini di Rocket Mortgage FieldHouse, di mana Milwaukee Bucks takluk 115-133 kepada Cleveland Cavaliers.

Baca juga: Bulls tutup musim reguler dengan kalahkan Timberwolves

Sementara itu dalam pertandingan lainnya, Philadelphia 76ers berhasil menundukkan Detroit Pistons 118-106 di Wells Fargo Center, tetapi hasil itu tidak cukup untuk mempengaruhi posisi Celtics pada klasemen akhir Wilayah Timur.

Celtics, Bucks dan Sixers sama-sama menutup musim reguler dengan catatan menang kalah yang setara yakni 51-13.

Namun Celtics berhak berada di posisi lebih tinggi karena mengungguli Bucks berdasar hasil melawan tim-tim Wilayah Timur, yakni 20-13 berbanding 18-15.

Meski sama-sama menutup musim reguler dengan catatan menang kalah identik 51-13, Celtics berhak menempati posisi lebih tinggi berdasar rekor lainnya meskipun secara head-to-head juga berimbang 2-2 melawan Bucks maupun Sixers.

Celtics mengungguli Bucks berdasarkan rekor melawan tim-tim Wilayah Timur yakni 20-13 berbanding 18-15, sedangkan atas Sixers mereka memiliki keunggulan hasil kontra tim-tim Divisi Atlantik yakni 9-7 berbanding 6-10.

Sementara itu, Bucks berada di atas Sixers berdasar keunggulan head-to-head 2-1 dalam tiga pertemuan sepanjang musim reguler 2021/22.

Baca juga: Gebrakan RJ Hampton warnai kemenangan Magic atas Heat


Warriors finis ketiga di Barat

Hasil rangkaian pertandingan pemungkas musim reguler juga mempengaruhi komposisi klasemen akhir Wilayah Barat di mana Golden State Warriors menempati urutan ketiga persis di atas Dallas Mavericks.

Warriors menutup musim reguler mereka dengan meraih kemenangan 128-107 di markas New Orleans Pelicans, sementara Mavericks sukses menundukkan tamunya San Antonio Spurs 130-120 di American Airlines Center, Texas.

Dengan hasil-hasil tersebut Warriors finis di posisi ketiga Barat dengan catatan menang kalah 53-29, di atas Mavericks (52-30) yang berakhir di peringkat keempat.


Nets dan Hawks kunci hak tuan rumah play-in

Sementara itu, Brooklyn Nets dan Atlanta Hawks mengunci hak sebagai tuan rumah dalam turnamen play-in Wilayah Timur setelah masing-masing finis di urutan ketujuh dan kesembilan.

Nets mengalahkan Indiana Pacers 134-126 di laga pemungkas, sedangkan Hawks menang 130-114 di markas Houston Rockets.

Bersamaan dengan itu dua tim peserta play-in Timur lainnya, Cleveland Cavaliers dan Charlotte Hornets juga menutup musim reguler dengan kemenangan, masing-masing 133-115 atas Milwaukee Bucks dan 124-108 kontra Washington Wizards.

Nets berhak finis di urutan ketujuh berkat keunggulan head-to-head 3-1 atas Hornets meski sama-sama memiliki rekor 44-38. Sedangkan Hawks finis di posisi kesembilan berbekal keunggulan hasil melawan tim-tim Timur 9-7 berbanding 8-8 atas Hornets meski keduanya sama-sama mencatatkan rekor 43-39.

Baca juga: Ringkasan NBA: 41 poin Embiid bantu 76ers atasi Pacers

Berikut klasemen akhir musim reguler NBA 2021/22 seturut laman resmi liga:


Keterangan:

1-6 Memperoleh tiket playoff langsung
7-10 Mengikuti turnamen play-in memperebutkan spot ketujuh dan kedelapan masing-masing wilayah
1-4 Memperoleh keuntungan hak gim kandang di fase playoff putaran pertama
[R] Juara musim reguler dan memperoleh keuntungan hak gim kandang lebih banyak di seluruh fase playoff yang dimainkan
[B] Juara Wilayah Barat dan memperoleh keuntungan hak gim kandang lebih banyak di sepanjang fase playoff wilayah
[T] Juara Wilayah Timur dan memperoleh keuntungan hak gim kandang lebih banyak di sepanjang fase playoff wilayah
[a] Juara Divisi Atlantik
[bd] Juara Divisi Barat Daya
[bl] Juara Divisi Barat Laut
[p] Juara Divisi Pasifik
[s] Juara Divisi Sentral
[t] Juara Divisi Tenggara

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022