Jakarta (ANTARA) - Bulan Ramadhan merupakan momen bagi anak-anak untuk belajar menjalankan puasa bersama dengan pendampingan keluarga dan kerabat.

Jenama fesyen anak Wilio melalui keterangannya, Selasa, membagikan sejumlah kiat bagi orang tua agar mampu menjadi pemantik semangat si kecil dalam menjalankan puasa.

Baca juga: Kiat dokter ajari anak berpuasa kali pertama

Pertama, beri contoh kepada anak seperti apa puasa yang baik dan benar, dengan menjelaskan bahwa berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus, bisa dengan menunjukkan lewat tontonan edukasi islami

Lebih lanjut, ajak anak membantu menyiapkan kebutuhan berbuka dan sahur, mulai dari hal kecil seperti menyiapkan minuman atau kudapan berbuka di sore hari.

Selanjutnya, orang tua bisa menciptakan suasana atau dekorasi Ramadhan di rumah, bisa dibuat dengan sederhana, seperti menempelkan ornamen bernuansa Ramadhan yang dibuat sendiri bersama anak.

Baca juga: Cara mengenalkan puasa kepada anak dengan autisme

Agar anak tidak bosan dan lemas saat menjalankan puasa, saat menjelang waktu berbuka, orang tua bisa mengajak anak melakukan latihan ringan namun tetap bermanfaat, seperti yoga, sit-up, push-up, atau senam.

Selain itu, ajak anak berbuat kebaikan dengan berbagi antar sesama, seperti menyumbang pakaian, sepatu, atau mainan yang masih layak pakai miliknya kepada orang yang membutuhkan.

Kiat selanjutnya yang bisa dicoba, buat "Ramadhan Challenge" bersama anak. Jadi, setelah anak melakukan amalan puasa, seperti mengaji, bersedekah, atau lainnya, orang tua bisa memberikan reward tertentu.

Di sisi lain, Wilio menghadirkan koleksi dan kampanye #discoverhappiness untuk rayakan Ramadhan dan Idul Fitri.

"Memasuki bulan suci Ramadan ini, Wilio ikut memuliakannya lewat kehadiran #discoverhappiness dengan harapan mendukung dan menambah semangat anak-anak yang sedang belajar berpuasa maupun yang sudah melakukannya dari tahun ke tahun," kata Brand Director Wilio Lee Scott James Walker.

Adapun #discoverhappiness tahun ini dimulai dari hadirnya penawaran menarik berupa potongan harga sebesar 15 persen dari 11 April hingga 5 Mei 2022 dengan minimal belanja Rp2 juta untuk pembelian semua produk Wilio.

Bagi orang tua yang berbelanja menggunakan kartu Bank Mandiri, akan mendapatkan 10 persen extra tambahan potongan dan voucher cashback Rp100 ribu, dengan minimal pembelian Rp2 juta.


Baca juga: Kiat berpuasa aman pasien gagal ginjal menurut dokter

Baca juga: Berbuka puasa diawali air putih jadi saran dokter

Baca juga: Latihan dengan gerakan ringan direkomendasikan selama Ramadhan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022