Kenaikan penjualan listrik menjadi sinyal bahwa perekonomian kembali pulih
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) mencatat angka kenaikan penjualan listrik sebesar 8,42 persen secara year on year menjadi 65,42 terawatt hour (TWh) pada triwulan pertama tahun ini.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan kenaikan konsumsi listrik ini menjadi sinyal positif pemulihan ekonomi nasional.

“Kenaikan penjualan listrik menjadi sinyal bahwa perekonomian kembali pulih. Aktivitas masyarakat kembali pulih, sehingga mendorong konsumsi listrik terutama di sektor industri dan ritel, konsumsi listrik semakin meningkat,” kata Agung dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Jumlah konsumsi listrik di sektor industri pada triwulan pertama tahun ini mencapai 21.953 gigawatt hour (GWh). Angka itu 33,56 persen dari total konsumsi nasional.

Agung menyampaikan jika dibandingkan Maret tahun lalu, pertumbuhan konsumsi sektor industri masih 4 persen. Namun, tahun ini angkanya telah naik 16 persen.

Di antara semua sektor, industri tekstil berkontribusi paling besar mencapai 2,8 GWh atau tumbuh 14 persen pada Maret tahun ini. Sedangkan sektor besi dan baja sebesar 2,01 GWh atau naik 10 persen. Adapun sektor industri kimia tumbuh 8 persen dengan konsumsi sebesar 1,6 GWh dan industri semen tumbuh 7 persen dengan konsumsi sebesar 1,4 GWh.

Kenaikan penjualan listrik diikuti dengan peningkatan daya tersambung pelanggan. Pada Maret 2022, jumlahnya mencapai 153.744 megavolt ampere (MVa) atau tumbuh 11,28 persen dibandingkan tahun lalu.

Sejumlah upaya dilakukan PLN demi meningkatkan pemanfaatan listrik sektor industri, salah satunya melalui captive power acquisition yang merupakan bentuk dukungan layanan perseroan dalam pemenuhan pasokan listrik untuk pelanggan industri yang masih mengoperasikan pembangkit listrik sendiri.

PLN terus berupaya mencari celah pasar baru. Sejumlah sektor pun kini disasar, seperti pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan, serta kelautan melalui electrifying agriculture dan electrifying marine.

Tak hanya itu, perseroan juga mengkampanyekan gaya hidup baru berupa electrifying lifestyle melalui penggunaan peralatan elektronik yang rendah emisi dan ramah lingkungan. Selain itu, PLN juga menjalankan sejumlah program yang meringankan pelanggan seperti diskon biaya tambah daya listrik dan kemudahan layanan pasang baru.

Menurut Agung, pelanggan bisa menikmati berbagai fasilitas layanan melalui aplikasi PLN Mobile. Setelah diluncurkan pada 18 Desember 2020 lalu, lebih dari 27 juta pengguna sudah terdaftar di aplikasi PLN Mobile dengan tingkat kepuasan 4,8 dari skala 5.

Baca juga: PLN susun pandangan bisnis hadapi persaingan usaha listrik pada 2022
Baca juga: Pemerintah antisipasi lonjakan konsumsi bahan bakar hingga listrik
Baca juga: PLN: Komsumsi listrik di Indonesia mencapai 210 TWh pada Oktober 2021

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022