Capaian terendah yang masih di angka 70 persen yakni Kota Medan, Pematangsiantar, Padangsidempuan, Nias, Simalungun dan Binjai
Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melaporkan capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama kategori warga lanjut usia (lansia) di daerah ini sudah 84,27 persen dari 1.093.446 target sasaran.
 
"Secara persentase saat ini sudah 84,27 persen dari target sasaran lansia yang sudah divaksin berdasarkan data per 11 April 2022," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Teguh Supriyadi di Medan, Selasa.
 
Sedangkan capaian vaksinasi dosis kedua sudah 67,74 persen dan vaksinasi penguat baru 17 persen dari target sasaran.

Baca juga: Polresta Mojokerto percepat vaksinasi lansia di Puskesmas Jetis
 
Dari 33 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Utara, ia mengatakan, baru Nias Selatan, Nias Utara dan Nias Barat yang cakupan vaksinasinya sudah 100 persen.
 
Sedangkan untuk cakupan vaksinasi yang sudah lebih dari 90 persen terdapat 11 daerah yaitu Samosir, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Deli Serdang, Batu Bara, Serdang Bedagai, Asahan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Tebing Tinggi dan Labuanbatu.

Baca juga: Dinkes: Vaksinasi lansia di Kabupaten OKU Sumsel capai 64,06 persen
 
Kemudian, untuk cakupan vaksinasi yang sudah lebih dari 80 persen terdapat 13 daerah yaitu Karo, Tapanuli Utara, Dairi, Tapanuli Tengah, Toba, Sibolga, Labuhan Batu Utara, Tanjung Balai, Mandailing Natal, Gunung Sitoli, Tapanuli Selatan, Langkat dan Labuhan Batu Selatan.
 
"Capaian terendah yang masih di angka 70 persen yakni Kota Medan, Pematangsiantar, Padangsidempuan, Nias, Simalungun dan Binjai," katanya.

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 lansia Sumsel 70 persen
​​​​​
Teguh menyebut bahwa pihaknya terus menggencarkan pemberian vaksinasi kepada masyarakat untuk membentuk kekebalan kelompok sebagai antisipasi penularan COVID-19.
 
Ia mengingatkan masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19, tetap mematuhi protokol kesehatan.
 
"Disiplin menerapkan protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi," ujarnya.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022