Kendari (ANTARA) - Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penandatanganan kerja sama dengan 35 rumah sakit yang tersebar di Sultra sebagai upaya untuk memudahkan jaminan pelayanan terhadap korban kecelakaan lalulintas di daerah itu.

"Jasa Raharja berkomitmen selalu memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan dalam pelayanan, sehingga saat ini Jasa Raharja telah bekerja sama dengan 35 rumah sakit di seluruh Sultra," kata Kepala Jasa Raharja Sultra Saldhy Putranto, di Kendari, Selasa.

Ia menyebutkan 35 rumah sakit tersebut yakni RSUD Provinsi Bahteramas, RS Santa Anna Kendari, RS TNI-AD Dr Ismoyo Kendari, RS Bhayangkara, RSUD Benyamin Guluh Kolaka, RS Antam Nikel Pomlaa Kolaka, RSUD Raha Kabupaten Muna, RSUD Pasar Wajo Kabupaten Buton, RS Jiwa Kota Kendari, RSUD Kota Baubau, RSUD Unaaha Kabupaten Konawe.

Baca juga: UI-PT Jasa Raharja kerja sama tingkatkan keselamatan lalu lintas

Kemudian RS Dewi Sartika Kota Kendari, RS Setia Bunda Kabupaten Konawe, RS Murhum Kota Baubau, RSUD Abunawas Kota Kendari, RS PMI Kendari, RSUD Kabupaten Bombana, RSUD H.M. Djafar Harun Kolaka Utara, RSUD Wakatobi, RSUD Konawe Utara, RSUD Konawe Selatan, RSUD Buton Utara, RS Siloam Hospitals Buton.

Selanjutnya RS Aliyah Kendari, RS Aliyah Kendari II, RS Aliyah Kendari, RS Hati Mulia Kendari, RSIA Permata Bunda Kendari,RS Tiara Sentosa Kendari, RS Hermina Kendari, RSUD Welala Kolaka Timur, RSUD Konawe Kepulauan, RSUD Muna Barat, RSUD Laompo Buton Selatan, dan RSUD Buton Tengah.

“Jadi, jika terjadi kecelakaan lalu lintas, Jasa Raharja akan segera menerbitkan surat jaminan untuk korban kecelakaan lalu lintas tersebut agar segera mendapatkan perawatan," katanya.

Menurut dia, untuk korban luka-luka berhak mendapatkan santunan sebesar Rp20 juta maksimal untuk membiayai perawatan medis yang dibutuhkan, bagi korban meninggal dunia sebesar Rp50 juta diserahkan kepada ahli waris yang sah dan bagi korban yang mengalami cacat tetap fisik maupun fungsi maksimal Rp50 juta dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Jasa Raharja-PWNU Jatim sepakati program keselamatan berlalu lintas

"Tetapi tentunya kita semua berharap agar seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan baik darat, laut maupun udara akan tiba di tujuan masing-masing dengan selamat," katanya.

Ia mengatakan Jasa Raharja hadir di Sultra senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat, dan tepat sebagai wujud negara hadir memberikan perlindungan dasar bagi masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan penumpang alat angkutan umum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1964 dan kecelakaan lalu lintas jalan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964.

Pelayanan terbaik yang diberikan oleh insan Jasa Raharja, kata dia, tentunya didukung dengan digitalisasi pelayanan di era digital saat ini, dengan visi Menjadi Perusahaan Tepercaya dalam Memberikan Perlindungan Dasar Terhadap Risiko Kecelakaan dengan Pelayanan yang Terbaik.

Baca juga: Jasa Raharja di 2022 targetkan tumbuh berkelanjutan

"Jasa Raharja Sultra telah menyerahkan santunan kepada ahli waris korban kecelakaan lalu lintas dan membayarkan biaya pengobatan korban kepada seluruh rumah sakit yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar Rp5 miliar hingga Maret 2022," katanya.

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Suparman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022