Skema pendanaan ini diharapkan menghasilkan artikel ilmiah bereputasi internasional
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Riset, Inovasi dan Kemitraan menyelenggarakan sosialisasi dana penelitian kolaborasi internasional melalui Program Riset Inovatif Produktif (RISPRO) UKICIS secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Selasa.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas, Prof dr Muh Nasrum Massi PhD, SpMK, berharap para peneliti Unhas bisa lebih aktif membangun kolaborasi dan publikasi dengan memanfaatkan dana riset ini.

Apalagi tahun ini target artikel kurang lebih 2.500 yang harus disubmit pada jurnal bereputasi.

"Sementara itu, pendanaan internal Unhas terbatas. Dengan sosialisasi ini kita harapkan banyak peneliti Unhas bisa mendapatkan bantuan dan membina kolaborasi untuk menghasilkan proposal riset berkualitas yang berdampak pada reputasi akademik," jelasnya.

Baca juga: Unhas--Universiti Teknologi Malaysia kerja sama inovasi riset

Baca juga: Jepang Unhas buka peluang kerja sama kolaborasi penelitian


Ketua Panel Ahli dan Tim Teknis RISPRO-UKICIS, Dr Berry Juliandi, menjelaskan RISPRO-UKICIS merupakan skema pendanaan bagi peneliti Indonesia yang ingin melakukan kerja sama riset dengan perguruan tinggi terbaik di United Kingdom.

Para peneliti memperoleh pendanaan sebesar Rp44 miliar  (3 juta dolar AS) yang digunakan untuk menguatkan riset nasional pada lima bidang yakni Green Economy, Blue Economy, Digital Technology, Health, dan Tourism selama empat tahun.

RISPRO UKICIS dapat diakses oleh perguruan tinggi di Indonesia, baik yang berafiliasi dengan UKICIS maupun tidak.

"Skema pendanaan ini diharapkan dapat menghasilkan artikel ilmiah bereputasi internasional terindeks scopus dengan schimago journal rank Q1. Juga ada produk relevan yang sesuai penelitian. Ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dapat mendukung intensifikasi kerja sama riset," jelas Dr Berry.

Sementara Dekan Sekolah Pasca Sarjana Unhas Prof Jamaluddin Jompa menjelaskan penelitian kolaborasi yang dilakukan dan RISPRO UKICIS menjadi jalan untuk membangun kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi.

Baca juga: Unhas loloskan empat penelitian pendanaan riset COVID-19

Baca juga: Unhas dan University Chang Gung kerja sama tingkatkan kemitraan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022