Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Swa Bhuwana Paksa kepada dua pejabat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.
 
Dua tanda kehormatan tersebut diberikan kepada Ketua BPK Agung Firman Sampurna, yang memperoleh Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, dan Anggota I BPK Hendra Susanto mendapat Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama, di Ruang Hening Gedung Suryadi Suryadarma, Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, seperti dikutip dalam siaran persnya.
 
Penganugerahan tanda kehormatan kepada dua pejabat BPK itu berdasarkan surat Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 3/TK/Tahun 2022 tanggal 4 Januari 2022. Kasau pun langsung menyematkan tanda kehormatan itu kepada kedua pejabat BPK.
 
Penganugerahan Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama diberikan sebagai penghargaan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) bukan anggota TNI AU yang berjasa luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI AU.
 
Hadir pada acara tersebut Wakasau Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, Dankodiklatau Marsdya TNI Nanang Santoso, Irjenau Marsda TNI R. Agung Handoko, Koorsahli Kasau Marsda TNI Hari Mursanto, para Asisten Kasau, Kapuslaiklambangjaau, dan Kadiskumau.

Baca juga: Kasad sematkan "Bintang Kartika Eka Paksi" kepada Ketua BPK RI

Baca juga: Kasal sematkan Bintang Jalasena kepada dua pejabat BPK
 
Sebelumnya, pada Senin (4/4), Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga telah Tanda Kehormatan Negara Bintang Kartika Eka Paksi Utama kepada Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna dan Bintang Eka Paksi Pratama kepada Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK RI Dr. Hendra Susanto.
 
TNI AD berharap dapat mengembangkan kerja sama yang lebih luas dengan BPK RI, terutama dalam meningkatkan kualitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) guna mendukung pengawasan intern di lingkungan TNI AD melalui pola Post, Current dan Pre Audit sesuai arahan dan bimbingan BPK RI.
 
Kedua pejabat BPK itu juga mendapatkan tanda kehormatan dari TNI Angkatan Laut karena berkontribusi dan mendukung kemajuan dan pembangunan TNI AL.
 
Ketua BPK Agung Firman Sampurna yang memperoleh Bintang Jalasena Utama, dan Anggota I BPK Hendra Susanto mendapat Bintang Jalasena Pratama, yang disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono pada Senin (11/4).

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022