Program Kartu Prakerja bertujuan untuk memulihkan perekonomian melalui peningkatan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja serta mendorong kewirausahaan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menyelenggarakan Program Kartu Prakerja dengan tujuan memulihkan perekonomian dengan meningkatkan kompetensi angkatan kerja.

  “Program Kartu Prakerja bertujuan untuk memulihkan perekonomian melalui peningkatan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja serta mendorong kewirausahaan,” kata Airlangga dalam Temu Alumni Prakerja Pulau Nias sebagaimana dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

  Dengan digitalisasi, Kartu Prakerja dituntut menjangkau lebih banyak penerima manfaat dari berbagai daerah dan telah dimanfaatkan oleh lebih dari 11,4 juta penduduk di 514 kabupaten atau kota selama 2020 hingga 2021.

  Sementara itu, sepanjang 2020 hingga 2021, total penerima Kartu Prakerja di Pulau Nias mencapai 29.546 penerima dengan total dana tersalurkan mencapai Rp71,2 miliar yang tersebar di 5 kabupaten atau kota.

  Sementara itu, dalam skala provinsi dan di kurun waktu yang sama, penerima Kartu Prakerja di Sumatera Utara tercatat mencapai 453.779 dengan dana tersalurkan sebesar Rp1,1 triliun.

  Dengan berbagai pilihan pelatihan yang ditawarkan, penerima Kartu Prakerja di Pulau Nias cenderung tertarik pada kategori penjualan dan pemasaran, gaya hidup, manajemen, serta makanan dan minuman.

  Dengan capaian penyaluran tersebut, evaluasi dan penelitian terus dilakukan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

  Menurut hasil evaluasi yang telah dilakukan sejauh ini, pelaksanaan Kartu Prakerja di Pulau Nias berdampak positif dengan meningkatkan kebekerjaan dan kewirausahaan para penerimanya.

  “Sebanyak 23 persen sampai 28 persen penerima Kartu Prakerja di Pulau Nias mengalami perubahan dari tidak bekerja menjadi bekerja. Sekitar 11 persen sampai 14 persen penerima Kartu Prakerja yang menganggur sebelum program, saat ini telah berwirausaha,” ungkap Menko Airlangga.

Baca juga: Peringatan dua tahun kartu prakerja digelar di Nias

Baca juga: Airlangga: Program link and match vokasi tingkatkan produktivitas SDM

Baca juga: Menko Airlangga: Kartu Prakerja terbukti tambah pengetahuan penerima

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022