Jakarta (ANTARA) - Distrik Marina Bay bisa jadi menjadi distrik yang terlintas pertama kali saat berpikir mengenai Singapura. Dengan investasi besar-besaran yang diterima, Marina Bay Sands sedang melewati masa transformasi menjadi destinasi perjalanan dan perhotelan yang mewah. 

Dikutip dari keterangan Singapore Tourism Board, Rabu, distrik ini bertransformasi dan selalu berinovasi untuk menghadirkan berbagai atraksi seru, untuk liburan dengan pengalaman baru dan tidak terlupakan bagi wisatawan.

Pembangunan yang pesat di distrik Marina Bay, tidak lepas dari sejarah distrik ini yang dahulu adalah area perairan. Pada 1971, proyek reklamasi dimulai untuk memenuhi kebutuhan lahan akan populasi masyarakat yang terus bertumbuh.
 
Marina Bay. (ANTARA/Singapore Tourism Board)


Marina Bay dirancang sebagai lokasi acara besar dan perayaan nasional Singapura pada 1987. Hingga pada akhirnya 1994, distrik Marina Bay dengan luas 38 hektar terbentuk. Pada akhir 1990 an, total luas area Marina Bay menjadi 360 hektar.

Gedung pencakar langit untuk bisnis dan pariwisata terus tumbuh di Marina Bay, sesuai dengan slogan Marina Bay yaitu "Explore. Exchange. Entertain. Singapore".

Berikut beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan saat melancong ke Marina Bay Singapura.
 
Marina Bay. (ANTARA/Singapore Tourism Board)


Baca juga: Rekomendasi kuliner unik Singapura ala Sarah Sechan

Baca juga: Panduan melakukan perjalanan ke Singapura tanpa karantina


Menginap di hotel mewah

Hotel mewah jaringan internasional menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan untuk liburan Anda di Singapura. Ada tiga hotel mewah ternama yang berada di distrik Marina Bay, seperti Marina Bay Sands, The Ritz Carlton Millenia Singapura, dan PARKROYAL COLLECTION Marina Bay.

Gardens by the Bay

Perpaduan tanaman, arsitektur, dan teknologi membuat sebuah taman yang sangat cantik dan menjadi atraksi menarik. Wisatawan dapat melihat keindahan 1,5 juta bunga dan pepohonan di Gardens by The Bay. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Singapura.

Pelancong dapat berkunjung ke Supertree Observatory untuk melihat pemandangan Singapura; berkunjung ke Flower Dome, tempat pameran bunga yang terus bermekaran; menaiki Cloud Forest, air terjun dalam ruang terbesar di dunia yang dikelilingi tanaman; dan berfoto di Floral Fantasy tempat bunga yang ditata sedemikian rupa menjadi taman yang tampak seperti di negeri dongeng.
 
Gardens by the Bay. (ANTARA/Singapore Tourism Board)


Gardens by the Bay memiliki restoran, toko sovenir, sampai paket piknik luar ruang yang menarik.

Pengunjung juga bisa ikut serta dalam acara rutin dan musiman yang menghibur seperti Garden Rhapsody, pertunjukan musik dan cahaya yang menyinari Supertree setiap hari pukul 19.45 dan 20.45, kelas memanah, berkebun, menyusun buket bunga, dan acara tahunan Christmas at the Gardens dengan dekorasi khas Natal yang ceria.

Belanja di Marina Bay Sands

Belanja menjadi salah satu aktivitas yang menarik dilakukan di Marina Bay. Anda dapat berkunjung ke pusat perbelanjaan The Shoppes at Marina Bay Sands yang menjadi rumah dari merek-merek mewah dunia.

Salah satu gerai terkenal di The Shoppes at Marina Bay Sands adalah Louis Vuitton Island Maison yang memiliki gedung bergaya futuristik dari kristal dan dikelilingi air.
 
LV @ Marina Bay. (ANTARA/Singapore Tourism Board)


Selain Louis Vuitton Island Maison, gerai lain yang terkenal di The Shoppes at Marina Bay Sands adalah Apple Store yang baru buka pada akhir 2020.

Selain itu juga terdapat Video Wall di The Forum, layar besar yang rencananya menjadi tempat pertemuan bagi para musisi, seniman, dan creator di Singapura.

Selain Marina Bay Sands, pusat perbelanjaan lain yang tidak kalah menarik di Marina Bay ada Marina Square, Suntec City, Raffles City, dan Marina Bay Link Mall.
 
CE LA VI @ Marina Bay. (ANTARA/Singapore Tourism Board)


Baca juga: Lima distrik hipster di Singapura yang wajib masuk daftar kunjung

Bersantap di Marina Bay

Marina Bay merupakan tempat terbaik untuk mendapatkan pengalaman makan yang menakjubkan. Banyak restoran di sini yang menawarkan kualitas makanan, pelayanan terbaik, dan pemandangan yang indah; seperti di CE LA VI, LeVel33, dan Punjab Grill.

Acara kelas dunia

Marina Bay menjadi tuan rumah dari berbagai acara besar dan ternama di Siangpura. Acara ini rutin terselenggara setiap tahun dan menjadi magnet bagi wisatawan lokal serta mancanegara.

Salah satu yang paling ditunggu adalah F1 Singapore Grand Prix. Jalanan Marina Bay berubah menjadi sirkuit bergengsi F1. Uniknya, jalanan Mari Bay merupakan sirkuit jalanan pertama di Asia.

F1 Singapore Grand Prix rutin diselenggarakan sejak 2008 dan selalu pada malam hari.

Selain pencinta otomotif dan balap mobil, setiap orang bisa menikmati balapan ini, karena selalu ada bintang tamu musisi internasional terkenal yang menghibur penonton. Inilah saatnya merasakan pesta satu malam penuh di Singapura.
 
F1 Singapore Grand Prix @ Marina Bay. (ANTARA/Singapore Tourism Board)


Anda juga bisa menikmati pemandangan lain seperti Marina Bay Singapore Countdown, pusat penyelengaraan kembang api pergantian tahun terbesar di Singapura dan Singapore Comic-Con pesta bagi para pencinta komik dan animasi.

Pertunjukan gratis yang tak kalah seru dapat Anda nikmati di teater luar ruang Esplanade, yang biasanya menampilkan para musisi.

Anda juga bisa mengunjungi Sands Expo and Convention Centre yang bertransformasi dengan Hybrid Event Broadcast Studio.

Gedung ikonis Singapura

Ada banyak bangunan di distrik Marina Bay yang ikonik dan menjadi gambaran dari Singapura seperti Helix Bridge, Singapore Flyer, dan Marina Bay Waterfront Promenade.
 
Apple Store Marina Bay. (ANTARA/Singapore Tourism Board)


Tempat wisata ramah keluarga
Bagi Anda yang berwisata dengan keluarga, Distrik marina Bay juga memiliki berbagai tempat dan atraksi wisata yang ramah keluarga.

Anda bisa mengajak anak-anak mengunjungi ArtScience Museum untuk bermain dan belajar menggunakan instalasi yang interaktif.

Ada juga National Gallery Singapore yang memiliki 8.000 koleksi mengenai peradaban Singapura dan Asia.

Selanjutnya ada Marina Barrage, yang bisa menjadi taman bermain luar ruang untuk aktivitas seru seperti bersepeda, main layangan, dan piknik.

Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk mencoba pengalaman baru dengan berlayar (cruising) dari Marina Bay Cruise Centre.

Sementara itu, saat ini Singapura menyelenggarakan kampanye SG Clean untuk menjamin standar kebersihan di tempat umum dari berbagai industri, termasuk industri MICE, pariwisata, dan layanan makanan.

SG Clean dibuat untuk keamanan dan kenyamanan semua orang, termasuk Anda yang berkunjung ke Singapura khususnya pada masa pandemi COVID-19. Saat ini jumlah penerima vaksin di Singapura mencapai lebih dari 85 persen dari populasi.

Baca juga: Ragam destinasi wisata yang cocok untuk "healing" di Singapura

Baca juga: Singapura alokasikan dana stimulus untuk pemulihan pariwisata

Baca juga: Rekomendasi destinasi wisata unik di Singapura ala Denada

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022