Jakarta (ANTARA) - KRBN-WORLD, marketplace asal Amerika Serikat mengenalkan platform jual beli kredit karbon secara global yang diharapkan dapat mengurangi emisi karbon yang dihasilkan selama periode tertentu melalui metode terkini.

"KRBN-WORLD saat ini menjadi pilihan terbaik bagi orang awam untuk memasuki industri netralitas karbon. Penggunaannya yang mudah membuat setiap orang dapat dengan cepat belajar memproduksi dan memperdagangkan indikator netralitas karbon," kata Kimbal Musk selaku CEO KRBN-WORLD dalam siaran pers pada Rabu.

"Banyak orang sudah mulai menggunakan KRBN-WORLD untuk turut berkontribusi dalam netralitas karbon demi planet bumi yang lebih hijau," kata dia.

KRBN-WORLD yang dikembangkan Big Green sejak 2021 diklaim sebagai salah satu perusahaan pertama di dunia yang memperoleh kualifikasi perdagangan netralisasi karbon.

Baca juga: Tokopedia hadirkan inovasi teknologi di Android dan iOS

Kimbal Musk menjelaskan, saat ini ada metode baru untuk melakukan netralitas karbon yang bisa jadi peluang bisnis, yakni perdagangan karbon (carbon trading) yang merupakan kegiatan jual beli kredit karbon (carbon credit).

Kredit karbon merupakan representasi dari "hak" sebuah perusahaan untuk mengeluarkan sejumlah emisi karbon atau gas rumah kaca lainnya dalam proses industri.

Jika emisi karbon yang dihasilkan melebihi kredit yang dimiliki, maka perusahaan harus mulai melakukan perlindungan lingkungan hijau atau menjalankan teknologi ramah lingkungan.

Namun jika sarana yang ada masih jauh dari cukup untuk melakukan netralisasi karbon, maka pembelian kredit karbon menjadi pilihan alternatif.

Hal tersebut tentunya bisa jadi peluang bisnis bagi yang memiliki hutan sendiri atau industri lainnya yang dapat membuat indeks netral karbon.

Di KRBN-WORLD, orang-orang yang memiliki indeks netral karbon seperti pemilik hutan atau kebun dapat memanfaatkan peluang netralitas karbon untuk menghasilkan uang, yakni dengan menerbitkan kredit karbonnya untuk dijual ke perusahaan yang membutuhkan. Penjual kredit karbon dapat membeli saham perusahaan terkait dan menahannya untuk waktu yang lama.

Kegiatan jual beli kredit karbon melibatkan tiga pihak, yaitu pembeli, penjual, dan lembaga perdagangan karbon. Pembeli umumnya ialah pihak yang memproduksi gas rumah kaca, seperti pemilik pabrik, perusahaan manufaktur, dan lain-lain. Sedangkan penjual ialah pihak yang menjual kredit karbon, umumnya berasal dari proyek-proyek hijau.

Adapun lembaga perdagangan karbon akan berperan dalam menghitung kemampuan penyerapan karbon oleh lahan hutan pada proyek tertentu yang dimiliki pihak penjual, dan menerbitkan kredit karbon yang berbentuk sertifikat.

Berikut tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan peluang dalam industri netralisasi karbon dan mulai menghasilkan uang.

- Jika Anda memiliki hutan sendiri, maka Anda dapat mencari pertukaran netral karbon dan menjual indeks netral karbon Anda untuk menghasilkan uang.
- Jika Anda memiliki industri lain yang dapat membuat indeks netral karbon, Anda dapat menjualnya ke perusahaan atau bursa yang membutuhkannya.
- Gunakan KRBN-WORLD (https://www.green51.net/) untuk mengontrak atau membeli indikator hutan global. Setelah membeli, Anda dapat mulai memproduksi indikator netral karbon KRBN, dan kemudian menjual indikator tersebut untuk menghasilkan uang.

Baca juga: "Social commerce" kanal promosi efektif bagi produk perdagangan

Baca juga: Mister Aladin luncurkan marketplace untuk bantu pemulihan pariwisata

Baca juga: Shopee ajak pengguna belanja praktis di 2.2 COD Sale

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022