Semarang (ANTARA) -
Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan khusus kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat duduk satu mobil dalam kunjungan kerja di Kabupaten Brebes, Rabu.

Ganjar mengungkapkan Presiden Jokowi sangat serius dalam memastikan stok bahan kebutuhan pokok di lapangan, termasuk memperhatikan fluktuasi harga kebutuhan pokok, terutama minyak goreng.

"Konsen beliau pada isu minyak goreng ini ternyata tinggi. Kami tadi berbincang cukup lama saat mendampingi beliau, dan tentu dua hal yang dikontrol suplai dan harga termasuk bantuan kepada masyarakat," kata Ganjar yang ditemui usai melepas Presiden Jokowi kembali ke Jakarta.

Baca juga: Presiden bagikan bansos di Pasar Tanjung dan Bulakamba Brebes

Apalagi saat ini distribusi bantuan ke masyarakat sudah berjalan sehingga Presiden Jokowi berharap masyarakat menggunakan bantuan sesuai kebutuhan.

"Kebutuhan membeli minyak goreng, jadi kita senang karena Pak Presiden cukup serius untuk memantau di lapangan," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Dari obrolan selama mendampingi kunjungan kerja Presiden Jokowi, Ganjar berharap seluruh jajaran pembantu dan pelaksana bisa lebih intens memantau perkembangan kondisi di lapangan.

"Kita pun dari daerah sebenarnya siap membantu, apakah dari pemprov, pemkab, pemkot bahkan Pak kades (kepala desa) siap membantu untuk mengontrol sehingga masyarakat bisa menjadi aman dan nyaman," katanya.

Baca juga: Presiden luncurkan sinergi aksi ekonomi rakyat di Brebes
Baca juga: Presiden: Jalan Lingkar Brebes-Tegal perlancar arus mudik Lebaran

Ganjar mengaku mendapat pesan dari Presiden Jokowi terkait antisipasi mulai menggeliatnya perekonomian, transportasi yang makin ramai, menjelang Lebaran 2022, dan penerapan protokol kesehatan.

"Pak Presiden berpesan kepada kita bahwa semua harus memakai masker itu peringatan beliau, kalau kita bicara tingkat imunitas masyarakat cukup tinggi tapi jangan abai, minimal masker harus dipakai," ujarnya.

Seperti diwartakan, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Brebes untuk membagikan bantuan sosial di Pasar Tanjung dan Pasar Bulukamba.

Presiden Jokowi di Pasar Tanjung membagikan bansos berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dan bantuan modal kerja (BMK) bagi para pedagang kaki lima.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meresmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sepanjang 17,4 kilometer yang akan menjadi salah satu jalur alternatif untuk memperlancar arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022