Medan (ANTARA News) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional akan meluncurkan pil kontrasepsi khusus untuk pria sebagai upaya meningkatkan kesertaan kaum suami dalam program keluarga berencana.

"Dalam tahun ini mudah-mudahan pil KB khusus pria itu bisa diluncurkan. Namanya pil KB Gandapura, jadi nanti kalau sudah diluncurkan akan kami percepat sosialisasinya," kata Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Utara Nofrizal di Medan, Jumat.

Ia mengatakan, selama ini kontrasepsi yang digunakan untuk pria hanya dua yakni kondom dan vasektomi, berbeda halnya dengan untuk wanita yang terdiri dari berbagai jenis.

Dengan akan diluncurkannya pil KB Gandapura tersebut, pilihan pria untuk berpartisipasi dalam program KB semakin bervariasi. Dengan demikian diharapkan kesertaan pria untuk ber-KB juga akan semakin tinggi.

Ia mengakui selama ini kesertaan kalangan suami dalam program KB di Indonesia memang masih relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya seperti China dan Thailand yang sudah mencapai rata-rata 10-15 persen.

Sementara di Vietnam kesertaan pria dalam KB melalui pemakaian kondom dan vasektomi sudah mencapai rata-rata di atas 20 persen. Sementara di Indonesia rata-rata masih sekitar tiga persen.

"Nah dengan pil KB Gandapura khusus untuk pria itu, diharapkan kesertaan kaum suami untuk ikut KB akan semakin meningkat," katanya.

Menurut dia, sebenarnya yang tidak kalah penting dilakukan adalah bagaimana memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya kalangan suami betapa pentingnya peranan pria dalam kesuksesan program KB.

Suami dalam tatanan kehidupan di Indonesia adalah pengambil keputusan dalam rumah tangga dalam hal program KB tersebut. Pertama, suami adalah pengambil keputusan boleh atau tidaknya istri ikut KB dan kedua adalah suami ikut secara langsung ber-KB.

"Artinya sukses tidaknya program KB juga sangat bergantung pada peran para suami," katanya.

(KR-JRD/N002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011