Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mendirikan rumah vaksin yang beroperasi 24 jam guna melayani masyarakat daerah itu yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai meresmikan Rumah Vaksinasi TP-PKK Rejang Lebong bertempat di Gedung PSC Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pendirian rumah vaksin ini merupakan hal yang sangat positif dalam rangka membantu percepatan pencapaian vaksinasi COVID-19 di wilayah itu.

"Ini merupakan inisiatif dari TP-PKK Rejang Lebong membuat rumah vaksin untuk menjaring masyarakat yang belum divaksin terutama dosis 1 dan dosis 2," kata dia.

Baca juga: Jamkesda Rejang Lebong tanggung biaya perawatan balita gizi buruk

Dia menjelaskan, capaian vaksinasi Kabupaten Rejang Lebong dalam tiga minggu terakhir meningkat luar biasa, namun celah yang kecil itu tetap harus dijaring salah satunya ialah inisiatif yang dilakukan ibu-ibu PKK daerah itu mendirikan rumah vaksin yang berada di depan Masjid Agung Baitul Makmur Curup sehingga masyarakat bisa datang 1x24 jam.

"Tadi sudah saya sampaikan kepada masyarakat jika vaksin di bulan puasa Ramadhan itu tidak membatalkan puasa, karena ini sudah ada fatwa MUI. Vaksin ini adalah obat yang dimasukkan melalui otot di daging kita, bukan melalui mulut sehingga tidak membatalkan puasa," katanya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Rejang Lebong Hartini Syamsul Effendi menyatakan, pihaknya telah mengikuti pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini sejak awal, kemudian ikut terjun memantau pelaksanaannya di 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong bersama dengan Forkompimda dan OPD.

Baca juga: DP3APPKB: Pembinaan Kampung KB menggunakan anggaran pusat

"Kami tugaskan kepada Tim Penggerak PKK kecamatan, desa dan kelurahan setiap hari memantau dan mencari ibu-ibu, anak-anak dan bapak-bapak yang belum vaksin. Insya Allah dengan rayuan dari ibu-ibu ini mereka mau ikut vaksin," kata dia.

Pelaksanaan vaksinasi di Rumah Vaksin TP-PKK Rejang Lebong ini, kata dia, akan dilakukan oleh petugas vaksinator dari dinas kesehatan setempat yang dilakukan bergantian oleh masing-masing puskesmas serta anggota TP-PKK.

Menurut dia, jika nantinya ada masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi dari kecamatan terjauh TP-PKK Rejang Lebong sudah menyiapkan bus PKK guna mengantar jemput masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi di Rumah Vaksin TP-PKK Rejang Lebong.

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong tingkatkan pengawasan protokol kesehatan

Berdasarkan data capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Rejang Lebong hingga 13 April 2022 diketahui jika pemberian dosis 1 mencapai 197 129 orang atau 90,48 persen dari target sebanyak 217.861 orang, pemberian dosis 2 sebanyak 152.525 orang (70,01persen), dan dosis 3 sebanyak 14.734 orang atau 6,76 persen.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022