Athena (ANTARA) - Yunani mengatakan pada Rabu (13/4) bahwa pembatasan pandemi, seperti penggunaan masker dalam ruangan dan sertifikat COVID akan dicabut sepanjang periode pariwisata musim panas.

Sementara itu, otoritas akan mempertimbangkan untuk mengembalikan aturan itu lagi pada September.

Infeksi COVID-19 di Yunani sudah mereda dalam beberapa minggu terakhir, dengan otoritas mencatat sebanyak 15.000 infeksi dan 64 kematian pada Selasa (12/4).

Pariwisata musim panas utama Yunani biasanya dimulai setelah Paskah Ortodoks yang tahun ini jatuh pada 24 April.

Baca juga: COVID mereda, Yunani izinkan musik di bar dan restoran

Yunani memperkirakan jumlah pengunjung yang tinggi tahun ini, dengan otoritas memprediksi pendapatan mencapai 80 persen dari tingkat 2019, tahun rekor sebelum pandemi menghentikan perjalanan.

Menteri Kesehatan Yunani Thanos Plevris mengatakan keputusan untuk melonggarkan pembatasan “berdasarkan data epidemiologis dan saran dari ahli”.

Dari 1 Mei hingga 31 Agustus, masyarakat tidak lagi membutuhkan vaksinasi COVID-19 terbaru atau sertifikat penyakit untuk memasuki ruang tertutup dan terbuka, seperti restoran.

Selain itu, otoritas juga mempertimbangkan untuk mencabut persyaratan menunjukkan sertifikat COVID-19 digital Uni Eropa untuk memasuki negara itu.

Baca juga: Yunani mulai denda lansia yang ogah disuntik vaksin COVID

Selain itu, menggunakan masker di dalam ruangan tidak akan lagi diwajibkan per 1 Juni dan pelajar akan kembali ke kelas setelah libur Paskah tanpa perlu menunjukkan hasil negatif tes mandiri secara rutin.

Plevris mengatakan seluruh langkah akan dievaluasi pada September.

Yunani, salah satu destinasi wisata musim panas paling terkenal di Eropa Selatan, menarik lebih dari 33 juta pengunjung pada 2019, sebagian besar dari mereka berasal dari Inggris dan Jerman.

Industri itu menyumbangkan seperlima dari ekonomi dan menyerap satu dari lima tenaga kerja.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou positif COVID-19
Baca juga: Gara-gara 'lockdown', guru Yunani pecahkan dua rekor dunia 'skipping'


Penerjemah: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022