Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menunaikan ibadah shalat tarawih di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rabu, malam.

Ma'ruf Amin nampak mengenakan baju koko dan celana berwarna hitam, lengkap dengan peci dan masker hitam.

Ia hadir beberapa menit sebelum melaksanakan shalat Isya. Terlebih dahulu Wapres melaksanakan shalat Isya berjamaah, kemudian mengisi ceramah, baru dilanjutkan dengan shalat tarawih 20 rakaat dan shalat witir tiga rakaat.

Wapres shalat berdampingan dengan Gubernur Aceh Nova Iriansyah, ulama Aceh, tokoh masyarakat serta pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh.

Bagian dalam masjid tampak dipadati ribuan jamaah, meskipun tidak penuh. Seperti diketahui bagian dalam masjid kebanggaan rakyat Aceh itu berkapasitas sekitar 9 ribu orang.

Baca juga: Wapres RI minta umat Islam pahami isi Al Quran secara utuh

Sementara di bagian pekarangan masjid juga terlihat beberapa jamaah yang shalat, di bawah payung besar serupa payung yang ada di Masjid Nabawi. Secara total kapasitas Masjid Raya Baiturrahman luar dan dalam masjid sekitar 24.000 orang.
Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat menyampaikan ceramah sebelum menunaikan ibadah shalat tarawih di Masjid Raya Baiturrahma Banda Aceh, Rabu (13/4/2022) malam. (ANTARA/Khalis Surry)

Ma'ruf Amin mengajak masyarakat memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan untuk memohon pengampunan dosa kepada Allah SWT.

"Manfaatkan momentum Ramadhan ini untuk memohon ampun kepada Allah, karena kita semua manusia. Kecuali para Nabi, para utusan, tidak ada yang terpelihara daripada kesalahan," kata Wapres.

Oleh karena itu, selama Ramadhan ini ialah waktu yang tepat untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Semua manusia itu bersalah, tidak ada ya g tidak bersalah, sebaik-baik orang yang bersalah, itu orang yang bertaubat. Baik dosa kecil maupun dosa besar, baik dosa batin maupun lahir.

Baca juga: WaKil Presiden buka Pekan Tilawatil Quran RRI di Takengon Aceh

"Dosa batin itu yang paling susah, yang kita tahu dosa kita, hanya kita sendiri. Dosa batin itu adalah perasaan yang tidak baik, seperti takabur, riya, ujub, hasut, dan berbagai lainnya. Baik disengaja maupun tidak disengaja," katanya.

Seperti diketahui, Wapres RI kunjungan kerja ke Aceh untuk membuka Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Tingkat Nasional ke 52 Radio Republik Indonesia (RRI) di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah pada Rabu (13/4).

Selain membuka Pekan Tilawatil Qur'an, Wapres juga menyerahkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BT-PKLWN), serta bantuan sosial lainnya kepada masyarakat di halaman Kantor Bupati Aceh Tengah.

Selanjutnya, pada Kamis (14/4), Wapres akan mengunjungi Loka Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (LRSAMPK) Darussa'adah di Kabupaten Aceh Besar. Baru kemudian direncanakan kembali ke Jakarta.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022