New York (ANTARA) - Wall Street naik tajam pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), didukung oleh pemulihan saham-saham pertumbuhan yang sensitif terhadap suku bunga karena investor mencerna data inflasi yang panas dan beragam hasil laporan keuangan kuartalan.

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 344,23 poin atau 1,01 persen, menjadi menetap di 34.564,59 poin. Indeks S&P 500 terdongkrak 49,14 poin atau 1,12 persen, menjadi berakhir di 4.446,59 poin. Indeks Komposit Nasdaq melonjak 272,02 poin atau 2,03 persen, menjadi ditutup di 13.643,59 poin.

Di antara 11 sektor utama S&P 500, sektor konsumen non-primer menikmati persentase kenaikan terbesar, melonjak 2,5 persen.

Penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS membantu Nasdaq yang padat teknologi memimpin ketiga indeks saham utama AS lebih tinggi, dengan semikonduktor mengungguli pasar yang lebih luas.

"Imbal hasil obligasi mungkin lebih cepat dan turun lebih rendah hari ini," kata David Carter, direktur pelaksana di Wealthspire Advisors di New York. "Ini membantu hampir semua ekuitas, tetapi terutama area yang berkembang seperti teknologi."

Baca juga: Wall St hapus untung ditutup melemah dipicu bakal tindakan agresif Fed


JPMorgan Chase & Co memulai musim laporan keuangan kuartal pertama dengan awal yang tidak menguntungkan, melaporkan penurunan laba kuartalan sebesar 42 persen. Hasil suram dari pemberi pinjaman terbesar AS itu mengirim sahamnya jatuh 3,2 persen.

Sisi baiknya, hasil Delta Air Lines mengalahkan ekspektasi dan memperkirakan kuartal saat ini kembali ke laba karena permintaan "tinggi secara historis". Lonjakan sahamnya 6,2 persen menular, indeks maskapai S&P 1500 yang lebih luas melonjak 6,8 persen.

"Sangat bagus bahwa permintaan sangat kuat," tambah Carter. "Namun, mendorong inflasi lebih tinggi, yang akan memaksa The Fed untuk terus menaikkan suku bunga, menghasilkan pasar saham yang lebih lemah."

"Bisnis itu bagus. Hampir terlalu bagus."

Permintaan yang kuat juga mendorong indeks harga produsen Departemen Tenaga Kerja ke tingkat pertumbuhan tahunan 11,2 persen, angka tahunan terpanas sejak Departemen Tenaga Kerja mulai melacak data tahunan pada 2010.

Indeks harga produsen inti dan indikator utama lainnya telah meningkat melampaui target inflasi rata-rata tahunan 2,0 Federal Reserve.


Baca juga: Wall St anjlok, lonjakan imbal hasil obligasi tekan saham pertumbuhan

Risalah dari pertemuan kebijakan Fed terbaru dan komentar selanjutnya dari anggotanya membuat pelaku pasar menetapkan peluang untuk serangkaian kenaikan suku bunga 50 basis poin dalam beberapa bulan mendatang, saat bank sentral menapaki tali ketat untuk menahan inflasi tanpa memprovokasi resesi.

"Sudah jelas sekarang bahwa The Fed menyanyikan lagu yang sama, pengetatan lebih lanjut akan datang," kata Carter.

Perkiraan analis untuk musim laporan keuangan perusahaan tumbuh kurang optimis. Agregat pertumbuhan laba tahunan S&P 500 untuk tiga kuartal pertama tahun 2022 diperkirakan sebesar 5,4 persen pada Rabu (13/4/2022), turun dari 7,5 persen pada awal tahun.

Pada Kamis, minggu yang dipersingkat liburan akan berakhir dengan hasil laporan keuangan dari sejumlah bank besar, termasuk Morgan Stanley, Citigroup Inc, Goldman Sachs Group Inc dan Wells Fargo & Co.

Volume transaksi di bursa AS mencapai 10,52 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 12,33 miliar selama 20 hari perdagangan terakhir.


Baca juga: Wall Street dibuka lebih rendah, Indeks Nasdaq memimpin penurunan
Baca juga: Wall St ditutup beragam di tengah langkah agresif Fed atasi inflasi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022