Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi di Provinsi Jawa Barat menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 penguat di posko pelayanan mudik Lebaran tahun ini.

"Di posko pelayanan mudik nanti kami akan mencari masyarakat yang belum menerima vaksin dengan metode random sampling (pengambilan sampel acak)," kata Wakil Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Masrikoh di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, Satuan Tugas berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi untuk mempersiapkan penyediaan layanan vaksinasi COVID-19 di posko pelayanan mudik.

"Kalau jenis vaksin yang akan digunakan di posko pelayanan mudik nanti kemungkinan besar AstraZeneca. Belum pasti juga, menyesuaikan stok saja," katanya.

"Kalau soal berapa jumlah dosis yang akan kami siapkan, melihat persediaan vaksin dan juga antusias masyarakat saja," ia menambahkan.

Masrikoh berharap warga mempersiapkan diri dengan menjalani vaksinasi penguat sebelum melakukan perjalanan mudik.

"Karena sebelumnya sudah diimbau untuk booster dulu sebelum mudik. Mudah-mudahan masyarakat sudah divaksin semua," katanya.

Kepala Bidang Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Kulman mengatakan bahwa dinas telah menyiapkan tenaga kesehatan yang akan bertugas memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 di posko pelayanan mudik.

"Insya Allah tenaga kesehatan kita sebar di beberapa posko, titik yang ditentukan. Namun belum dirapatkan lagi. Nanti kami tunggu informasi lanjutan dari kepolisian dan lintas sektor lain untuk rapat posko mudik," kata Kulman.

Baca juga:
Menko PMK: Vaksinasi penguat digencarkan di kota pemberangkatan mudik
Kemenkes: Vaksinasi penguat perlindungan penting bagi pemudik

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022