Yogyakarta (ANTARA News) - Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta keluar sebagai juara umum Olimpiade Sains Terapan Nasional Sekolah Menengah Kejuruan 2011 yang diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

"Dengan demikian, DKI Jakarta berhak mendapatkan piala bergilir Olimpiade Sains Terapan Nasional (OSTN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sebelumnya dipegang Jawa Tengah," kata Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad di Yogyakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, bagi SMK yang berhasil mendapatkan medali emas dalam OSTN 2011 yang berlangsuung sejak 25 November 2011 itu akan mendapatkan bonus berupa dana "block grant".

Dana tersebut, menurut dia, akan dikucurkan secepatnya untuk membantu pembinaan siswa SMK dalam mengikuti OSTN selanjutnya.

"Ada `block grant` yang disediakan sebagai bentuk penghargaan kami bagi sekolah yang telah membina anak didik menjadi terbaik. Dana tersebut rencananya akan disalurkan langsung ke sekolah," katanya.

Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM Retno Sunarminingsih mengatakan, tujuan dari OSTN SMK tersebut di antaranya mencari bibit unggul yang memiliki kemampuan dalam akademis dan penguasaan teknologi terapan.

Para peserta, menurut dia, juga diajarkan bagaimana berkompetisi secara sehat dengan mengutamakan sportivitas.

Ia mengatakan, untuk kegiatan serupa di masa mendatang diharapkan para guru SMK melakukan pembinaan lebih baik lagi bagi siswanya. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kualitas seleksi peserta.

"Kegiatan itu diharapkan dapat tetap berlanjut dan mampu berkembang lebih bermutu dalam seleksi peserta, penyiapan materi dan soal, proses penilaian, dan pelaksanaan acaranya," katanya. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011