Jakarta (ANTARA) - Produsen bumbu masak PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) bersama Chef Ucu Sawitri membagikan resep takjil sehat berupa lumpia goreng isi daging sapi tanpa garam yang selaras dengan kampanye bijak garam Ajinomoto.

Pakar nutrisi Nazhif Gifari, S.Gz, M.Si mengatakan garam bisa diganti dengan penyedap rasa bumbu umami guna menghindari penyakit tidak menular seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

"Untuk porsi hidangan kali ini, kita bisa menambahkan penyedap rasa umami Ajinomoto sebanyak satu sendok makan sebagai pengganti garam," kata Nazhif dalam gelar wicara "Ngabuburit Sehat Bareng Dapur Umami" pada Kamis.

Baca juga: Resep mudah membuat Kolak Labu Kolang Kaling untuk berbuka puasa

Berikut resep lumpia goreng Ajinomoto menurut Chef Ucu Sawitri:

Bahan

12 lembar kulit lumpia
200 gram daging sapi giling
80 gram wortel
1/2 butir bawang bombay
3 siung bawang putih
1 batang daun bawang
1 sendok teh bumbu penyedap Ajinomoto
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat isian
  • Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu dan harum, setelah itu Masukkan daging dan wortel hingga matang
  • Tambahkan penyedap rasa
  • Masukkan daun bawang
  • Siapkan kulit lumpia, masukkan adonan isian dan lipat seperti amplop
  • Goreng dalam minyak panas sampai berubah warna menjadi kecoklatan.
Baca juga: 5 inspirasi olahan selai kacang untuk menu buka puasa dan sahur
Ilustrasi lumpia goreng isi daging. (ANTARA/Ida Nurcahyani)

"Lumpia yang sudah digulung bisa disimpan di chiller untuk menu sahur keesokan harinya," kata Chef Ucu yang merupakan anggota Indonesian Chef Association (ICA) tersebut.

Nazhif mengatakan satu buah lumpia goreng isi daging terdiri dari sekira 100 hingga 120 kkal. "Jadi sebaiknya makannya dibatasi, satu buah saja cukup saat berbuka."

Ajinomoto menghadirkan berbagai resep menu berbuka dan sahur di laman Dapur Umami yang sudah disusun secara khusus oleh ahli gizi Ajinomoto.

Baca juga: Resep lumpia kurma keju untuk takjil Ramadhan

Selain memasak takjil bersama, Ngabuburit Sehat Bareng Dapur Umami juga mengajak tur virtual berkeliling pabrik melalui fasilitas Ajinomoto Visitor Center.

Ada tiga zona yang mengungkap rahasia dapur Ajinomoto yakni ruang teater “Eat Well Live Well” yang menjelaskan sejarah Umami dan produk-produk Ajinomoto di seluruh dunia.

Zona kedua ada fasilitas 3D Projection Mapping yang menjelaskan proses produksi MSG Ajinomoto berstandar kualitas Jepang.

Terakhir adalah zona informasi kontribusi Ajinomoto melalui Nutrition Policy dan berbagai program gizi.

"Acara hari ini juga merupakan salah satu cara Ajinomoto untuk memperkenalkan kampanye Bijak Garam yang merupakan salah satu inisiatif Ajinomoto untuk meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia," ujar Grant Senjaya selaku Head of Public Relations Ajinomoto yang menambahkan bahwa acara gelar wicara virtual kali ini diikuti oleh khusus para jurnalis wanita untuk merayakan Hari Kartini.

Baca juga: Resep Es Campur Panacotta, minuman segar untuk berbuka puasa

Baca juga: Resep kreasi Putu Ayu untuk menu berbuka puasa

Baca juga: Jurus jebolan Masterchef berkreasi di dapur memanfaatkan buah pala

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022