Kota Bogor (ANTARA) - Kantor Cabang Utama (KCU) PT. Pos Bogor mulai membagikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng Rp300.000 kepada 318.184 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah kota dan Kabupaten Bogor hingga dua pekan sebelum Lebaran 2022.
 
"KCU PT. Pos Bogor membawahi seluruh wilayah Kota Bogor dan sebagian wilayah Kabupaten Bogor, sehingga penyaluran bantuan sosial dari pemerintah juga ke semua wilayah lintas kota yang masuk wilayah KCU," kata Humas Kantor Cabang Utama PT. Pos Bogor Laudi Arima kepada Antara di kantornya di Kota Bogor, Kamis.
 
Laudi menyebutkan dari data 318.184 KPM tersebut, 59.294 berada di Kota Bogor dan 258.854 masuk wilayah Kabupaten Bogor.
 
Surat pemberitahuan (SP) penyaluran BLT minyak goreng Di Kota Bogor pada 68 kelurahan di enam kecamatan telah diberikan kepada pihak kecamatan.

Baca juga: Mensos pastikan awasi penyaluran BLT minyak goreng hingga Papua

Baca juga: Presiden berpesan gunakan bansos untuk modal usaha
 
Begitupun SP BLT minyak goreng untuk wilayah Kabupaten Bogor antara lain, Kecamatan Cisarua, Ciawi, Cigombong, Tapos, Jasinga, Leuwiliang, sampai ke arah Gunung Sindur.
 
Dia menjelaskan BLT minyak goreng Rp100.000 per bulan atau Rp300.000 untuk tiga bulan yakni April, Mei dan Juni 2022 yang diterima warga  digabungkan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk Bulan Mei sebesar Rp200.000.
 
Sehingga pada Bulan April ini, ratusan ribu warga Bogor itu mendapat total bantuan sosial dari pemerintah sebesar Rp500.000.
 
Penyaluran BLT minyak goreng dilakukan langsung oleh petugas PT. Pos di setiap kelurahan. KPM dapat mendatangi kelurahan sesuai jadwal yang tertera dalam SP yang disampaikan RT atau RW setempat kepada mereka.
 
"Kami tidak titipkan uangnya ke kelurahan, SOP begitu. Kalau tidak bisa sesuai jadwal ke kelurahan, bisa menyusul dengan mengambil langsung di kantor cabang PT. Pos terdekat," ujarnya.
 
Sesuai dengan jadwal yang diberikan pemerintah, penyaluran BLT dapat berlangsung hingga dua pekan sebelum Lebaran 2022.
 
Namun, PT. Pos akan tetap melayani masyarakat yang belum dapat mengambil BLT minyak goreng tersebut di kelurahan pada jadwal yang ditentukan, meskipun telah lewat dari dua pekan sebelum Lebaran.
 
"Jika memang karena suatu hal yang penting, tidak bisa sesuai jadwal, bisa ambil langsung ke cabang PT. Pos," katanya.*
   

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022