Kemajuan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah tidak lepas dari peranan kepala daerah
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan kepala daerah memiliki peranan penting dalam menggerakkan dan mengembangkan berbagai potensi ekonomi dan keuangan syariah di pelosok Tanah Air.

"Kemajuan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah tidak lepas dari peranan kepala daerah," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam sambutannya secara virtual pada acara Talkshow dan Anugerah Adinata Syariah 2022, yang disaksikan, di Jakarta, Kamis.

Wapres mendorong partisipasi dan kontribusi daerah agar potensi aneka sektor halal unggulan di masing-masing daerah dapat masuk dalam rantai nilai halal nasional maupun global.

"Saya berharap kepala daerah terus mengawal pengembangan UMKM, baik di Kawasan Industri Halal maupun di luar kawasan, pembangunan ekosistem UMKM ekspor melalui platform digital, termasuk percepatan sertifikasi halal bagi produk-produk UMKM, serta berbagai program lainnya yang perlu didukung semua pihak," papar Wapres.

Baca juga: OJK: Bank Wakaf Mikro beri pembiayaan UMKM tanpa persyaratan rumit

Wapres menyampaikan perlu kolaborasi kuat untuk mendorong ekonomi dan keuangan syariah.

Dia mengajak seluruh elemen masyarakat bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), untuk mendorong sektor-sektor usaha yang sesuai dengan kaidah syariah agar menjadi sektor unggulan.

Wapres juga mengingatkan bahwa pengembangan sektor halal unggulan harus didukung dengan digitalisasi.

Oleh karena itu dia berharap semua daerah bisa mengadopsi teknologi digital dalam memajukan sektor-sektor halal, layaknya telah dilakukan di lingkungan pesantren maupun pedesaan di Jawa Barat.

Baca juga: Wapres dukung inklusi keuangan digital berbasis bank syariah

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022