Sesuai arahan Ibu Wakil Gubernur bersama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah, kami siap untuk menyiapkan suvenir dan oleh-oleh produk lokal NTB kepada para delegasi yang hadir, di antaranya kopi, madu, dan gula aren
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan suvenir produk lokal untuk delegasi Youth 20 (Y20) yang akan mengadakan pertemuan di provinsi itu pada 23-25 April 2022.

Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti, di Mataram, Kamis, mengatakan agenda Y20 yang menghadirkan delegasi dari nasional dan internasional tersebut, tentu adalah momentum bagi NTB untuk memperkenalkan produk-produk lokal terbaiknya.

"Sesuai arahan Ibu Wakil Gubernur bersama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah, kami siap untuk menyiapkan suvenir dan oleh-oleh produk lokal NTB kepada para delegasi yang hadir, di antaranya kopi, madu, dan gula aren," katanya.

Y20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog dan mendorong mereka sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Menurut Nuryanti, momen Y20 tentu sangat bermanfaat sebagai sarana pengenalan produk lokal. Apalagi tema yang diusung dalam salah satu agenda pertemuan G20 tersebut adalah "Recover Together Recover Stronger" atau Pulih Bersama dan Lebih Kuat.

G20 merupakan kelompok 20 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah Uni Eropa.

Ia menyebutkan ada enam agenda prioritas agenda internasional tersebut, yaitu jalan keluar (exit strategy) untuk mendukung pemulihan yang adil, pembahasan dampak pandemi (scarring effect) untuk mengamankan pertumbuhan masa depan.

"Selain itu, sistem pembayaran di era digital, keuangan berkelanjutan, inklusi keuangan: digital dan UMKM, dan perpajakan internasional," ujarnya.

Nuryanti mengatakan Wakil Gubernur NTB Hj Siti Rohmi Djalilah juga sudah mengimbau seluruh organisasi perangkat daerah dan mitra untuk mempersiapkan sebaik mungkin kebutuhan-kebutuhan selama berlangsungnya acara Y20.

Baca juga: NTB kenalkan Mandalika-Rinjani bagi peserta Indonesia Youth Diplomacy

Baca juga: Youth 20 dorong peran anak muda dalam transformasi digital

Baca juga: Pemprov NTB siap sambut Pra-KTT Y20 di Lombok

 

Pewarta: Awaludin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022