Banjarmasin (ANTARA) - Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Sutarto Hadi mengatakan kompetensi berbahasa Inggris dosennya kini bersertifikasi internasional sebagai wujud peningkatan kualitas perkuliahan.

"Kami menggandeng Briton English Education untuk peningkatan kompetensi Bahasa Inggris para dosen," kata dia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis.

Salah satu programnya ULM mengirimkan para dosen untuk mengikuti Cambridge English Assesment untuk mendapatkan sertifikasi internasional kompetensi kemampuan berbahasa Inggris.

Sutarto mengungkapkan, ULM terus berupaya meningkatkan kompetensi tenaga pengajarnya. Dengan begitu, diharapkan berdampak positif bagi peningkatan kompetensi mahasiswa dalam kemampuan berkomunikasi dan berbahasa asing.

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia diharapkan atasi ketimpangan vaksinasi global

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat cetak 303 dokter gigi di tengah pandemi


Menurut dia, kemampuan berbahasa Inggris sangatlah penting di zaman persaingan global sehingga lulusan ULM bisa bersaing di level internasional.

Sutarto menyebut penguasaan komunikasi begitu vital bagi seorang akademisi untuk bisa berkiprah lebih luas merengkuh prestasi yang kini tanpa batas ruang dan waktu.

Apalagi sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di pulau Kalimantan dengan akreditasi institusi A, ULM kini telah resmi berstatus Badan Layanan Umum (BLU) yang mengharuskan inovasi dan terobosan wajib dilakukan.

"Menciptakan sumber daya manusia berkualitas jadi tugas perguruan tinggi di samping peningkatan sumber pendapatan untuk kesejahteraan civitas akademica dan masyarakat," kata Sutarto.*

Baca juga: Universitas Lambung Mangkurat kembangkan LMMC jadi rumah sakit

Baca juga: Yayasan SBI-ULM terus gelorakan penyelamatan bekantan

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022